Top News: Pesawat Jatuh di BSD, Warga Israel Rusak Indomie untuk Gaza

Aryo Widhy Wicaksono
20 Mei 2024, 05:45
Sejumlah petugas gabungan mengevakuasi pesawat latih Cessna 2006 dengan nomor registrasi PK-IFP di kawasan BSD, Banten, Minggu (19/5/2024).
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/YU
Sejumlah petugas gabungan mengevakuasi pesawat latih Cessna 2006 dengan nomor registrasi PK-IFP di kawasan BSD, Banten, Minggu (19/5/2024).
Button AI Summarize

Sebuah pesawat ringan jatuh di Kawasan Lapangan Sunburst BSD, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu (19/5) sekitar pukul 14.30 WIB. Tiga orang yang merupakan awak dan penumpang pesawat meninggal dunia dalam insiden tersebut.

Tim gabungan SAR dan kepolisian telah mengevakuasi tiga korban meninggal dunia ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Kepolisian juga telah berhasil mengidentifikasi identitas ketiga korban.

Pesawat dengan nomor registrasi PK-IFP tersebut merupakan milik Indonesia Flying Club.

Ketika peristiwa nahas ini terjadi, rombongan sedang dalam perjalanan dari Pondok Cabe menuju Tanjung Lesung, Banten, dengan mengangkut 3 orang, yakni satu penerbang, satu engineer, dan seorang penumpang. Mereka adalah Pulung Darmawan, Mayor Suanda, serta Farid.

Peristiwa ini masih dalam penyelidikan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Selain peristiwa jatuhnya pesawat di BSD, ketahui juga bagaimana perbandingan harga internet dari para penyedia layanan fixed broadband, serta kehebohan di media sosial mengenai warga Israel yang merusak paket bantuan untuk warga Gaza.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Pesawat Jatuh di BSD Tangsel, Tiga Orang Meninggal Dunia

Sebuah pesawat ringan atau ultralight jatuh di Kawasan Lapangan Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu (19/5) sekitar pukul 14.30 WIB.

Tiga orang yang merupakan awak dan penumpang pesawat meninggal dunia dalam insiden tersebut.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengaku pihaknya telah menerima laporan terkait Pesawat Tecnam P2006T dengan nomor registrasi PK-IFP yang jatuh di BSD pada hari ini.

Pesawat yang jatuh adalah milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia).

"⁠Pesawat PK-IFP dengan 3 orang onboard, yakni 1 penerbang, 1 engineer dan 1 penumpang. Saat ini masih dalam proses evakuasi di lokasi," ujar Adita dalam keterangan resmi, Minggu (19/5).

2. Perbandingan Harga Internet Starlink, IndiHome, Biznet, First Media

Internet Starlink akan resmi tersedia di Indonesia besok (19/5). Berikut perbandingan harga Starlink dengan penyedia layanan fixed broadband di Tanah Air seperti IndiHome, First Media, Biznet, dan MNC Vision.

Peresmian layanan internet berbasis satelit Starlink rencananya dilakukan oleh pemilik SpaceX Elon Musk dan Presiden Jokowi alias Joko Widodo di Bali pada Minggu (19/5).

Internet fixed broadband merupakan jenis koneksi internet yang mengandalkan jaringan fiber optik. Perangkat yang terhubung ke fixed broadband biasanya melalui kabel LAN atau WiFi.

Begitu juga dengan Starlink yang membutuhkan perangkat untuk menangkap sinyal dari satelit.

3. Luhut Tawarkan Biak Jadi Lokasi Peluncuran Roket Elon Musk ke Mars

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyambut kedatangan Elon Musk di Bandara Ngurah Rai, Bali, Minggu (19/5).

Saat pembicaraan empat mata di mobil, Luhut menawarkan Elon Musk untuk menjadikan kawasan Biak, Papua, menjadi lokasi peluncuran roket Starship yang memiliki misi ke Mars.

"Di mobil dari bandara Bali, dia banyak memberi kuliah saya tentang roket, Starship," ujar Luhut.

Dia membagikan cerita perbincangannya dengan Elon Musk tersebut saat membuka Tri Hita Karana Forum Agenda yang diselenggarakan World Economic Forum di Denpasar, Bali, Minggu (19/5).

Luhut mengatakan, awalnya dia bertanya pada Elon Musk apakah dia serius membangun Starship untuk misi ke Mars. Menanggapi pertanyaan Luhut, bos SpaceX itu pun lalu bercerita mengenai rencana proyek Starship yang akan mereka buat.

4. Viral Warga Israel Injak Indomie untuk Warga Gaza, Ini Kata Kemenlu

Viral sejumlah orang diduga warga Israel menginjak dos Indomie yang merupakan bantuan untuk penduduk Gaza, Palestina.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menilai, blokade ini dilakukan secara sistematis. BBC Internasional melaporkan, truk bantuan yang menuju Gaza diblokir di perbatasan Tepi Barat pada Senin (11/5).

Rekaman menunjukkan, pengunjuk rasa Israel melempar karton makanan berisi Indomie ke tanah dan menginjaknya.

“Empat orang termasuk anak di bawah umur ditangkap,” kata pengacara pengunjuk rasa Israel dikutip dari BBC Internasional, Kamis (16/5).

Kemenlu menyampaikan, Pemerintah Indonesia mengutuk keras blokade dan perusakan yang dilakukan oleh warga sipil Israel terhadap bantuan kemanusian dari masyarakat internasional bagi warga Gaza.

5. Kemenkeu Klarifikasi Kasus Tas Enzy Storia yang Tertahan di Bea Cukai

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklarifikasi kasus yang terjadi antara artis Enzy Storia dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Enzy sempat mengatakan bahwa tasnya tertahan di Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta (Soeta).

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Kemenkeu Yustinus Prastowo menjelaskan perkembangan kasus artis Enzy Storia yang mengungkapkan tasnya tertahan karena biaya pajak yang mahal.

“Enzy sudah berkoordinasi dengan rekan-rekan Ditjen Bea Cukai Soekarno-Hatta. Komunikasi berjalan baik dan dilakukan penelusuran bersama,” kata Prastowo dalam keterangannya di akun X resmi @Prastow, seperti dikutip di Jakarta, Sabtu.

Dari hasil penelusuran, terungkap bahwa tas tersebut adalah hadiah yang dikirim penjual di luar negeri kepada Enzy. Hadiah ini sebagai kompensasi kekeliruan pengiriman sebelumnya.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...