Saat Puan Antusias Ada Suvenir Banteng di Pameran yang Dibuka Sandiaga

Tia Dwitiani Komalasari
20 Mei 2024, 15:38
Perwakilan Presiden IPU (Inter-Parliementary Union) Puan Maharani tiba di lokasi pembukaan World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024).
ANTARA FOTO/Media Center World Water Forum 2024/Fikri Yusuf/pras.
Perwakilan Presiden IPU (Inter-Parliementary Union) Puan Maharani tiba di lokasi pembukaan World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024).
Button AI Summarize

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno membuka  Fair and Expo World Water Forum, yaitu pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digelar di World Water Forum (WWF) di Nusa Dua, Denpasar, Bali, Senin (20/5).

Saat mengunjungi booth UMKM, Puan sangat antusias karena melihat sebuah suvenir yang berbentuk banteng hitam. Melihat hal itu, Sandiaga pun langsung memberikan banteng hitam itu pada Puan.

Ketika ditanya oleh wartawan, Sandiaga membenarkan jika Puan sangat antusias melihat banteng tersebut di pameran. "Beliau bertanya, itu banteng ya Sandi?" cerita Sandiaga di sela forum WWF ke-10, di Denpasar, Bali, Senin (20/5).

Sandiaga mengaku bahwa dirinya baru menyadari terdapat suvenir berbentuk banteng di pameran tersebut. Dia pun mengiyakan pertanyaan Puan bahwa suvenir tersebut adalah banteng hitam.

"Dia bilang itu penting buatnya. Akhirnya saya bilang, berkenan bu? Jadilah akhirnya beri banteng tersebut (pada Puan)," ujarnya.

Namun demikian, Sandiaga mengaku tidak sengaja memasukkan perajin yang memproduksi banteng dalam pameran tersebut. Pasalnya, dia tidak terlibat dalam mengkurasi siapa saja UMKM yang bisa mengikuti pameran WWF.

"Jadi yang lolos kurasi itu adalah produk ramah lingkungan dari daur ulang jeruji sepeda atau motor, lalu dimodifikasi hingga berbentuk banteng hitam," kata dia.

Dia mengatakan, pameran tersebut bahkan sebelumnya direncanakan dibuka Presiden Joko Widodo. Namun, presiden berhalangan hadir sehingga dibuka oleh Puan Maharani.

Dia mengatakan, sebanyak 500 UMKM terlibat dalam penyelenggaraan pameran WWF ke-10. Hal itu diharapkan bisa membuat pelaku UMKM Indonesia lebih banyak yang naik kelas dan berkesempatan mengikuti event dunia.

Selain memberikan suvenir hasil karya UMKM, Menparekraf Sandiaga juga menunjukkan Puan pameran yang sudah dikurasi untuk World Water Forum. Salah satu yang menarik adalah stan produk permainan Water Warrior garapan Loka Pala yang menunjukkan karakter Baruna sebagai tuan dari air.

Melihat pameran tersebut, Puan Maharani menyampaikan pujiannya atas kemajuan Indonesia dalam segmen air ini.

“Artinya dari pameran ini kita melihat kemajuan Indonesia mengelola, merawat, memanfaatkan dan melakukan inovasi menggunakan air bagi kemaslahatan Indonesia,” ujarnya.




Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...