Agenda Rakernas PDIP: Kedatangan Obor Api Abadi hingga Pidato Megawati

Amelia Yesidora
23 Mei 2024, 12:11
Pdip
ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kedua kanan), Wakil Ketua DPP PDIP Bidang Hubungan Luar Negeri Ahmad Basarah (kanan), kader PDIP Anggie (kiri) dan Aryo Seno Bagaskoro (kedua kiri) menyampaikan keterangan pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (6/1/2024).
Button AI Summarize

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal mengadakan Rapat Kerja Nasional atau Rakernas kelima pada Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5) di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta. Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam gelaran rakernas PDIP  yang akan dilaksanakan, bahkan sejak Kamis (23/5).

“Agenda utama di dalam pembukaan Rakernas itu adalah menerima obor api perjuangan nan tak kunjung padam. Kemudian pidato politik dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri,” ujar Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, seperti dikutip Kamis (23/5). 

Ia mengatakan Rakernas akan diawali dengan prosesi membawa api abadi menuju lokasi acara. Api ini diambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah dan dibawa ke Jakarta sejak Jumat (17/5).

Perjalanan melintasi 20 kabupaten/kota dengan jarak total 526 km dan akan tiba di Jakarta hari ini sekitar pada 15.30 WIB. Para pelari kemudian akan membawanya ke lokasi Rakernas, mulai dari kader muda PDIP hingga Hasto sendiri

Setelah itu, PDIP mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi seluruh anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Kegiatan bimtek merupakan prakondisi pelaksanaan Rakernas V.

Barulah pada hari pertama Rakernas, Jumat (24/5), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politiknya. Rakernas sekaligus menjadi ajang konsolidasi bagi PDIP menghadapi pilkada 2024. 

Rakernas kelima PDIP mengusung tema besar “Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran.” Isu yang dibahas mulai dari pemenangan Pilkada 2024, evaluasi hasil Pilpres dan Pileg 2024, serta merumuskan sikap politik partai.

Hasto menghitung, Rakernas kelima PDIP akan diikuti oleh 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai. Begitu juga dengan DPLN dari 16 negara, anggota DPRD, Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...