PDIP Sebut Nama Ahok di Pilgub Sumut dan Incar Posisi Cawabup di Jabar

Dini Pramita
25 Mei 2024, 16:01
Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan) berbincang dengan Sekjen Hasto Kristiyanto (kiri) sebelum memberikan pengarahan internal terhadap kader pada hari kedua pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan di Beac
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Spt.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) berbincang dengan Sekjen Hasto Kristiyanto (kiri) sebelum memberikan pengarahan internal terhadap kader pada hari kedua pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024). Rakernas tersebut membahas tiga hal pokok, yakni sikap politik PDI Perjuangan internal dan eksternal, perumusan program-program kerakyatan hingga pembahasan pemenangan Pilkada 2024.
Button AI Summarize

Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disebut-sebut oleh PDI Perjuangan (PDIP) untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut). Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Rapidin Simbolon mengatakan, ia telah menjalin komunikasi dengan mantan Gubernur Jakarta tersebut sebanyak dua kali untuk menanyakan kesiapannya maju dalam kontestasi di Sumut.

Menurut Rapidin, dalam dua kali upaya komunikasi yang dilakukan, Ahok mengatakan siap apabila diinstruksikan oleh partai. "'Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumut, ke Papua juga saya siap," kata Rapidin menirukan ucapan Ahok, Sabtu (25/5/2024). "Itu jawaban kader sejati," kata dia mellanjutkan.

Ia menjelaskan nama Ahok tidak serta-merta muncul, melainkan telah melalui berbagai pertimbangan ketika menggodok nama-nama calon yang dianggap mumpuni untuk memimpin Sumut. Ahok juga merupakan salah satu nama dari delapan nama yang dipertimbangkan PDIP untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jakarta.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga mengatakan ada delapan nama yang disiapkan PDIP, termasuk Ahok, Djarot Syaiful Hidayat, Tri Rismaharini yang dikenal sebagai Mensos Risma, dan Mantan Panglima TNI Andika Perkasa untuk maju dalam Pilkada Jakarta. Eriko mengatakan nama-nama tersebut masih menjadi perbincangan internal di dalam partai.

Ia melanjutkan, beberapa nama masih dipertimbangkan pula untuk maju dalam kontestasi di Sumatera Utara. "Seperti Pak Ahok, Mas Djarot masih ditarik-tarik untuk bisa ke Sumatera Utara. Ini hal yang menarik juga karena Sumatera Utara juga perlu perubahan yang mendasar," kata dia saat jumpa pers di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2024).

Jagokan Ridwan Kamil di Jawa Barat

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Barat mengincar kursi calon wakil gubernur sebagai pendamping Ridwan Kamil dalam kontestasi Pilgub 2024 di Jawa Barat. Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono mengatakan tak muluk-muluk mengincar posisi calon gubernur karena partainya tak pernah menang di Jawa Barat.

Menurut Ono, saat ini PDIP tengah menjalin komunikasi intens dengan Golkar dan Ridwan Kamil (RK) untuk menjajaki peluang berduet dengan RK dalam Pilgub Jabar 2024. "Kami sadar bahwa agaknya tidak mungkin untuk mengincar nomor satu. Jadi kami, PDI Perjuangan. akan mengincar di 02, di posisi wakil gubernurnya," kata dia, Sabtu (25/5/2024).

Meskipun telah secara berkomunikasi untuk membangun lobi-lobi politik, menurut Ono, hasil akhir tergantung pada mekanisme partai. Sebab, nasib RK untuk kembali maju dalam kontestasi di Jawa Barat tergantung pada keputusan Partai Golkar.

Dalam beberapa kesempatan, partai berlambang beringin tersebut memberikan sinyal ingin mencalonkan RK sebagai calon gubernur Jakarta dalam Pilgub Jakarta 2024. Meskipun berdasarkan beberapa hasil survei, elektabilitas RK di Jawa Barat masih sangat tinggi. "Menurut Kang Ace, Golkar Jawa Barat tetap menginginkan Pak RK di Jawa Barat dengan hasil survei yang masih tinggi," kata Ono.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...