Megawati Sudah Beri Tugas ke Ahok, Maju di Pilkada?

Nur Hana Putri Nabila
26 Mei 2024, 15:28
ahok, megawati, pdip
Dok. PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan pidato di Rakernas V di Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan dirinya telah memberikan tugas kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Megawati mengungkapkan Ahok meminta tugas usai dirinya keluar dari pemerintahan.

“(Ahok) bilang pada saya ‘Ibu, minta tugas’, (saya bilang) 'oke, sudah ada tugasnya',” kata Megawati saat menyampaikan awalan pidato rekomendasi hasil Rakernas V Partai, Minggu (26/5).

Pernyataan Megawati dilontarkan di tengah isu Ahok bersiap maju di pilkada mendatang. Meski demikian, Mega tak menjelaskan di mana mantan Gubernur Jakarta itu akan maju.

Megawati menyinggung nama Ahok tergolong dengan nama yang bagus, tetapi justru nasibnya kurang baik. Hal itu lantaran dirinya sering mendatangi ketika Ahok tengah dalam tahanan.

“Saya suka godain: namanya bagus tapi kok nasibnya enggak bagus yah. Kan Tjahaja Purnama. Makanya saya manggilnya Ahok saja deh,” kata Megawati sembari becanda.

Diskusi bertema Ahok is Back
Diskusi bertema Ahok is Back (ANTARA FOTO/Reno Esnir/nz)

Ahok disebut-sebut oleh PDIP untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut). Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Rapidin Simbolon mengatakan, ia telah menjalin komunikasi dengan Ahok untuk menanyakan kesiapannya maju dalam kontestasi di Sumut.

Menurut Rapidin, dalam dua kali upaya komunikasi yang dilakukan, Ahok mengatakan siap apabila diinstruksikan oleh partai.

"Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumut, ke Papua juga saya siap," kata Rapidin menirukan ucapan Ahok, Sabtu (25/5).

Selain itu, Ahok juga merupakan salah satu nama dari delapan nama yang dipertimbangkan PDIP untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jakarta.

Reporter: Nur Hana Putri Nabila

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...