Top News: Gaji Dipotong 3% untuk Tapera, Waspada La Nina

Aryo Widhy Wicaksono
28 Mei 2024, 05:51
Kementerian PUPR menyiapkan 230 ribu unit rumah subsidi yang disalurkan melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), dan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Foto udara sebuah kompleks perumahan yang sedang dibangun di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (3/4/2023).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan ketentuan baru yang mewajibkan semua pekerja, baik PNS, anggota TNI/Polri, pejabat negara, hingga karyawan sektor swasta, untuk menyisihkan sebagian gaji sebagai simpanan dalam program tabungan perumahan rakyat atau Tapera.

Pemerintah menetapkan besaran simpanan sebesar 3 persen dari gaji, dengan ketentuan pemberi kerja bertanggung jawab terhadap 0,5 persen dan 2,5 persen dari pribadi pekerja, sedangkan pekerja mandiri menanggung seluruhnya.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024. Aturan ini menjelaskan, kepesertaan dalam Tapera wajib bagi pekerja, dan pemberi kerja harus mendaftarkan pekerja mereka, serta menyetorkan simpanan setiap bulan. Tenggat waktu pendaftaran paling lambat pada 2027.

Kewajiban pekerja untuk menyisihkan 3% dari gaji untuk Tapera menjadi salah satu artikel terpopuler. Selain itu, ketahui juga mengenai waspada La Nina, serta bagaimana alternatif sumber protein untuk program susu gratis pemerintahan mendatang.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Jokowi Wajibkan Gaji Pekerja hingga PNS Dipotong 3% Buat Iuran Tapera

Presiden Jokowi merilis ketentuan yang mengatur pemotongan upah, gaji, maupun penghasilan bagi seluruh pekerja untuk simpanan tabungan perumahan rakyat atau Tapera.

Kebijakan ini berlaku wajib meliputi calon pegawai negeri sipil (PNS), pegawai ASN, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, pekerja BUMN/BUMD hingga pekerja sektor swasta.

Keputusan itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat.

Jokowi menetapkan PP tersebut pada 20 Mei 2024. Pada Pasal 15 aturan tersebut mengatur besaran simpanan peserta sebesar 3 persen dari gaji atau upah untuk peserta pekerja.

Ketentuan lebih lanjut mengenai dasar perhitungan untuk menentukan perkalian besaran simpanan peserta diatur dengan Peraturan Badan Pengelola (BP) Tapera.

2. Bukalapak, Blibli dan GOTO Kompak Rombak Pengurus pada RUPS Juni

Tiga perusahaan teknologi di Bursa Efek Indonesia (BEI) yakni PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), PT Global Digital Niaga Tbk (BELI), dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) bakal merombak jajaran pengurusnya, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST)/Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar bulan depan.

Manajemen Bukalapak misalnya mengumumkan pengunduran diri Howard Nugraha Gani dari jabatannya sebagai direktur.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Teddy Nuryanto Oetomo, menyampaikan pengunduran diri tersebut akan disampaikan dalam RUPST yang akan dihelat pada 25 Juni 2024 untuk disetujui oleh para pemegang saham.

Teddy memastikan, tidak terdapat dampak material maupun operasional atas pengunduran diri Howard Nugraha.

Howard merupakan CEO dari Mitra Bukalapak sejak 2020. Sebelumnya, ia juga mengembang sejumlah posisi penting di Bukalapak seperti SVP Mitra Bukalapak periode 2019—2020, kemudian dia juga pernah menjabat VP Merchant Operations and Logistics pada 2018—2019.

Perusahaan teknologi Gojek Tokopedia juga bakal melakukan perubahan pengurus dalam RUPST pada 11 Juni 2024. Manajemen GOTO akan meminta persetujuan pemegang saham terkait pengunduran diri Andre Soelistyo dari jabatan komisaris. Andre adalah salah satu pendiri Gojek.

3. La Nina Segera Tiba, Waspada Badai Berbahaya

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) memperkirakan akan terjadi musim badai yang sangat aktif. WMO juga menekankan bahwa peringatan dini diperlukan untuk menyelamatkan nyawa.

“Kandungan panas laut yang tinggi dan antisipasi perkembangan peristiwa La Nina diperkirakan akan memicu musim badai yang sangat, sangat, sangat aktif tahun ini,” Clare Nullis, juru bicara WMO, mengatakan pada sebuah pengarahan di Jenewa, dikutip dari Reuters, Senin (27/5).

Dia mengatakan, badai tersebut tidak hanya mengancam nyawa manusia, namun juga pembangunan ekonomi.

“Hanya diperlukan satu kali badai untuk menghambat pembangunan sosio-ekonomi selama bertahun-tahun," ujarnya.

Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) memperkirakan akan terjadi 17 hingga 25 nama badai tahun ini.

Musim badai Atlantik, yang berlangsung dari Juni hingga November, mencatat aktivitas di atas rata-rata selama delapan tahun berturut-turut, kata WMO.

Nullis mengatakan, peringatan dini telah membantu menyelamatkan nyawa dan mengurangi angka kematian secara signifikan. Namun, hal itu seringkali tidak diterapkan oleh negara-negara berkembang, seperti di Karibia.

4. Prabowo Pertimbangkan Susu Kerbau dan Kambing untuk Susu Gratis

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengakui bahwa program makan siang dan susu gratis membutuhkan anggaran yang sangat besar. Bahkan, dia tak menepis bahwa program susu gratis tidak mudah terealisasi secara merata.

Dia pun menyiapkan alternatif pengganti susu sapi sebagai sumber protein seperti susu kerbau, susu kambing, telur, ikan dan lainnya. Itu semua disesuaikan dengan tipologi dan ketersediaan sumber daya alam (SDA) di masing-masing daerah.

"Itu tergantung daerahnya, sebagai contoh Maluku Barat Daya, Pulau Moa. Mereka itu banyak [konsumsi] susu kerbau. Ada daerah-daerah yang banyak kambing etawa, bisa dapat susu kambing dan ini harus kita lihat," kata Prabowo dalam keterangannya di TvOne, dikutip Senin (27/5).

Jika daerah lain sulit mendapatkan susu, maka pemerintah akan membagikan atau mencari sumber protein hewani lain seperti ikan dan telur. Hal itu berdasarkan saran atau rekomendasi para ahli gizi.

"Para pakar cerita kepada saya, kalau telur kita bisa jauh lebih murah di suatu daerah dan susu itu terlalu mahal. Mungkin karena sapi kurang atau ongkos angkutnya kurang. Kita bisa konsetrasi kepada telur, ikan dan sebagainya," ujarnya.

5. Starlink Diskon 40%, Lebih Murah Ketimbang Telkomsel hingga Biznet?

Starlink memberikan diskon 40% untuk pembelian perangkat di Indonesia hingga 10 Juni. Diskon ini membuat layanan internet Starlink lebih murah ketimbang pesaing seperti Telkomsel Orbit, IndiHome, First Media hingga Biznet?

“Penawaran early adaptor, berakhir 10 Juni. Harga perangkat dari Rp 7,8 juta menjadi Rp 4,68 juta,” kata Starlink dalam laman resmi, dikutip Senin (27/5).

Starlink Indonesia juga menyediakan layanan uji coba 30 hari untuk konsumen perumahan dan perkantoran, serta dua minggu untuk kapal dan mobilitas darat.

Apakah harga layanan Starlink setelah didiskon lebih murah ketimbang fixed broadband lain di Indonesia?

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...