1.120 Polisi Kawal Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes Amerika

Desy Setyowati
1 Juni 2024, 09:42
aksi bela palestina, kedubes amerika,
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Massa dari Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis (KIBBM) menggelar aksi bela Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Sabtu (1/6/2024).
Button AI Summarize

Sebanyak 1.120 polisi mengawal Aksi Solidaritas untuk Palestina yang digelar di depan Kedutaan Besar atau Kedubes Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan pada hari ini (1/6). Aparat disebar di sejumlah titik di kawasan Monumen Nasional alias Monas.

"Kami imbau kepada para peserta Aksi Bela Palestina untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Sabtu (1/6).

Kepolisian juga melakukan rekayasa lalu lintas, tetapi bersifat situasional atau tergantung kondisi di lapangan. "Jika eskalasi meningkatkan, maka akan kami tutup Jalan Merdeka Selatan. Arus lalu lintas kami alihkan," ujar dia.

Susatyo mengimbau masyarakat yang akan melintas di depan Kedubes Amerika di Jalan Merdeka Selatan agar mencari jalan alternatif.

Ia juga mengimbau kepada para peserta Aksi Solidaritas untuk Palestina agar memperhatikan hak-hak masyarakat lain dan tertib dalam menyampaikan pendapat dimuka umum.

Susatyo membekali seluruh personel dalam pengamanan Aksi Bela Palestina untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan serta humanis. Mereka tidak membawa senjata api.

"Perintah dan kendali dari saya sebagai Kapamwil, tidak ada gerakan tambahan yang bersifat pribadi. Layani Saudara yang akan menyampaikan pendapatn dengan tulus ikhlas dan humanis," kata dia.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...