PAN Benarkan Nama Kaesang Masuk Bursa Calon Pilkada Jakarta

Ade Rosman
3 Juni 2024, 16:35
PAN
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kedua kanan) menyampaikan pidatonya usai mengajukan berkas bakal calon anggota DPR di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (12/5/2023).
Button AI Summarize

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) DKI Jakarta Eko Patrio mengatakan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep masuk radar kandidat calon yang dipertimbangkan maju di Pilkada Jakarta. Eko mengatakan, nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu masuk bersama dengan kader internal PAN.

"Lalu untuk eksternal kita akan melihat Mas Kaesang juga memungkinkan untuk kita arahkan yah, jadi siapa Gubernur dan Wakil Gubernurnya," kata Eko di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (3/6).

Menurut Eko, Kaesang masuk dalam radar DPW PAN. Ia berharap, DPP memiliki pandangan serupa. Ia mengatakan, saat ini DPW PAN tengah mengumpulkan DPD untuk menjaring nama-nama potensial yang dapat memimpin Jakarta.

"Internal PAN kami sudah mengerucut ya, kemarin masih ada Mbak Gita Anjani, Pasha Ungu, terus termasuk saya (Eko) dan ada Bima (Bima Arya) gitu ya, nah sekarang mungkin kita akan mengarahkan ke Mbak Gita Anjani," kata dia.

Selain nama-nama tersebut, DPW PAN juga melirik Rano Karno sebagai salah satu kandidat yang dapat dimajukan. Ia beralasan Rano Karno memiliki pengalaman di eksekutif dan legislatif, juga cerminan Jakarta yang menurut Eko tergambar dari pemeran 'Si Doel' tersebut.

"Saya sih berharap DPP mengaminkan apa yang diinginkan DPW DKI Jakarta seperti yang saya sebutkan tadi, bisa juga dengan Kaesang, bisa juga dengan Rano Karno, tapi kami dari internal Mbak Gita Anjani ya," kata Eko. 

Di sisi lain, Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menyampaikan hingga kini partainya belum menentukan sikap ihwal peluang Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta. Ia mengatakan kepastian Kaesang ikut dalam Pilkada Jakarta menunggu hasil perundingan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Selain itu ia mengatakan belum ada arahan apakah nantinya Kaesang akan diplot untuk posisi calon gubernur atau calon wakil gubernur. “Tergantung Mas Kaesang dan KIM bagaimana baiknya," kata Raja Juli di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (3/6).

Menurut Raja Juli, PSI juga belum melakukan koordinasi dan komunikasi lebih lanjut dengan KIM terkait rencana keikutsertaan Kaesang di Pilkada DKI Jakarta. Ia memastikan belum ada pertemuan khusus antar koalisi mengenai pilkada Jakarta. 

Sementara Kaesang dalam bincang-bincang di siniar OTW di channel GK Hebat menyatakan minat untuk maju di Pilkada Jakarta. Hal itu ia sampaikan saat menjawab pertanya komika Fatih Andhika atau biasa disapa Ate mengenai kans Kaesang maju di Pilkada. 

Ate bertanya apakah Kaesang akan maju di Pilkada Surakarta mengikuti kakaknya Gibran Rakabuming Raka yang kini terpilih menjadi wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Alih-alih memilih maju di Solo, Kaesang mengatakan lebih pas untuk maju di Pilkada Jakarta lantaran ia merupakan ketua umum PSI yang memiliki anggota di seluruh Indonesia.

Adapun peluang Kaesang maju di Pilkada Jakarta terbuka setelah Mahkamah Agung menerima gugatan yang diajukan Partai Garuda. Dalam putusan yang dikeluarkan 29 Mei 2024 itu MA mengubah ketentuan batas usia cagub dan cawagub minimal 30 tahun pada saat pelantikan. Pada aturan lama, batas usia 30 tahun berlaku pada saat pendaftaran. 

Merujuk kelahiran Kaesang baru akan berusia 30 tahun pada 25 Desember 2024. Sementara itu Pilkada baru akan digelar pada 27 November 2024 dan pelantikan calon terpilih diperkirakan baru akan dilakukan pada Januari 2025.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...