Tak Jadi Usung Ponakan Prabowo, Gerindra Jagokan RK di Pilkada Jakarta

Ade Rosman
4 Juni 2024, 13:20
Ridwan Kamil
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Ridwan Kamil (tengah) berfoto bersama warga saat menghadiri Upacara Penurunan Bendera HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).
Button AI Summarize

Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan partainya tengah menggodok nama baru untuk diusung di pemilihan kepala daerah atau pilkada Jakarta. Hal itu dilakukan setelah Wakil Ketua Umum Gerindra Budisatrio Djiwandono batal diusung. 

"Jadi sampai dengan sekarang belum ada komunikasi-komunikasi juga. Kami kemarin masih fokus karena setelah Mas Budi menyatakan tidak ingin maju di Pilkada DKI kami  kemudian membuka opsi kader internal yang lain,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (4/6). 

Wakil Ketua DPR itu mengatakan dalam posisi belum ada kader internal yang diusung, Gerindra merekomendasikan Ridwan Kamil (RK)  untuk maju di Pilkada Jakarta. Rekomendasi untuk RK menurut Dasco sudah diberikan sejak lama. 

"Soal posisinya Kang Emil (Ridwan Kamil) itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco lagi. 

Adapun Ridwan saat ini juga telah mengantongi restu dari DPP Golkar untuk maju di Pilkada Jakarta. Namun, wakil ketua umum Gplkar itu juga mendapat rekomendasi untuk kembali maju di Pilkada Jawa Barat. Ridwan belum memutuskan apakah akan maju di Pilkada Jakarta atau tetap di Jawa Barat. 

Sebelumnya, Budi menyatakan dirinya tak akan maju di Pilkada Jakarta 2024. Menurut Budi ia telah mendapat mandat khusus dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang merupakan pamannya. .

"Saya menerima perintah dan arahan dari Pak Prabowo untuk melanjutkan perjuangan di parlemen," kata Budi di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (31/5).

Pada kesempatan yang sama, Budi mengungkapkan Partai Gerindra telah mengantongi nama bakal calon orang nomor 1 di Jakarta itu. Meski begitu ia mengatakan tak akan menyebutkan siapa tokoh yang bakal diusung Gerindra. 

“Nama itu akan diumumkan pada waktunya," kata Budi. 

Belakangan, nama Budi muncul dalam bursa calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada 2024. Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad oun sempat mengunggah foto Budi bersama Raffi Ahmad di akun Instagram pribadinya. Tak hanya itu, Dasco juga mengunggah foto Budi yang disandingkan dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan 4 nama yang diusulkan untuk menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada serentak 2024. Nama-nama itu diungkapkan Riza dalam acara halal bihalal DPD Gerindra DKI di Tavia Heritage Hotel, Jakarta, Kamis (9/5).

Riza mengungkapkan DPD Gerindra DKI mengusulkan 4 nama untuk maju di pilgub Jakarta. Mereka adalah dua keponakan Prabowo Subianto,  Budisatrio Djiwandono dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rany Mauliani, dan mantan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

"Gerindra banyak kader-kader, bukan cuma 4 yang saya sampaikan banyak kader-kader yang siap untuk menjadi Gubernur maupun Wakil Gubernur dan kita siap memenangkannya," kata Riza.

Selain mengusung kader internal Gerindra juga memasang opsi kedua. Partai berlambang garuda itu bisa saja mengusung calon berasal dari partai koalisi yang kemungkinan akan tetap terjalin dengan Koalisi Indonesia Maju sebagaimana gelaran Pilpres 2024. 



Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...