Jokowi Puji Pendiri Astra William Soeryadjaya: Lokomotif Ekonomi RI

Ameidyo Daud Nasution
4 Juni 2024, 21:18
jokowi, william soeryadjaya, astra
Katadata
Memoar William Soeryadjaya
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo memberikan pujian bagi pendiri Grup Astra yakni William Soeryadjaya. Jokowi mengatakan menyebut William dan Astra memberikan peran atas pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam kata pengantar di buku memoar William Soeryadjaya. Buku ini rencananya akan diluncurkan di Teater Jakarta pada 12 Juni 2024.

"Para inovator, entrepreneur, dan manajer hebat seperti ini yang akan menjadi lokomotif pembangunan Indonesia," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Selasa (4/6).

Jokowi mengatakan peran swasta dalam industrialisasi Indonesia tak lepas dari nama Grup Astra. Sejak 1980-an, mobil Toyota Kijang dan sepeda motor Honda bikinan Astra sudah dikenal masyarakat.

"Keduanya sedikit dari sekian banyak produk Grup Astra yang telah berkontribusi besar dalam membuka peluang kerja, ekspor, dan pertumbuhan ekonomi,” kata Jokowi.

Jokowi lalu mengatakan dekade ini adalah momentum bagi Indonesia untuk naik kelas menjadi negara berpenghasilan tinggi. Kuncinya, RI harus konsisten dan kerja keras untuk inovasi.

"Serta industrialisasi secara inklusif dan berkelanjutan," katanya.

Jokowi dan sejumlah menteri rencananya akan hadir dalam peluncuran buku memoar itu. Selain itu acara ini akan diisi Pentas Teater "Om William Kita" yang diperankan Reza Rahadian, Happy Salma, dan Verdi Solaiman.

Acara juga akan didukung Agus Noor sebagai sutradara, Gilang Ramadhan sebagai aransemen musik, Dian HP, Adi Darmawan dari Komodo Project, serta Shahnaz Haque sebagai narator.

Gilang Ramadhan mengatakan penyusunan memoar ini berawal dari keinginan sang ayah yakni Ramadhan KH yang mengagumi William Soeryadjaya. Menurut Gilang, sang ayah menilai William tak hanya sukses secara bisnis, namun perjalanan hidup.

"Ada sisi humanis dari Om William yang diangkat oleh Bapak dalam buku ini," kata Gilang.

Buku berjudul “Semangat Hidup dan Pasrah kepada Tuhan” ini ditulis Ramadhan KH, namun tertunda selama 20 tahun. Buku ini akan diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...