Adik Mentan Amran Kandidat Teratas Gubernur Sulsel Versi Survei KIC

Ade Rosman
7 Juni 2024, 14:04
Survei pilkada
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/rwa.
Warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat simulasi Pemilu 2024 di Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024).
Button AI Summarize

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman berdasarkan temuan survei Katadata Insight Center (KIC) menjadi kandidat teratas bakal calon gubernur Sulsel 2024 pilihan responden. Survei digelar pada 3-9 Mei 2024 terhadap 869 responden yang berdomisili di Sulawesi Selatan. 

Berdasarkan temuan survei adik dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman tersebut menjadi satu-satunya tokoh yang mendapat suara responden lebih dari 20%. Ia dipersepsikan oleh 23,8% responden pantas memimpin Sulawesi Selatan untuk periode kedua.

Survey Manager KIC, Satria Triputra Wisnumurti dalam paparannya mengatakan, temuan ini sejalan dengan kepuasan responden dengan kinerja Gubernur maupun para mantan Gubernur sebelumnya. Berdasarkan survei sebanyak 85,4% responden puas dengan kinerja gubernur Andi Amran. Hanya 14,6% yang menyatakan tidak puas. 

“Temuan tersebut sejalan dengan kepuasan kinerja gubernur, para mantan atau petahana yang dinilai paling pantas menjadi gubernur lagi,” kata Satria dalam paparannya seperti dikutip Jumat (7/6). 

Pada kesempatan yang sama, Dewan Pembina Perludem, Titi Anggraini mengatakan faktor ketokohan menjadi poin utama dalam gelaran Pilkada. Hal ini berbeda dengan pemilihan legislatif yang bobot tekannya terdapat pada partai politik.

"Otomatis figur-figur populer punya basis politik dan sosial yang kuat itu yang akan mudah diingat oleh masyarakat kita," kata Titi.

Dalam survei tersebut, kandidat terdekat yang mendekati torehan suara Andi yakni Rusdi Masse Mappasessu dengan 11,8%. Kemudian Adnan Purichta Ichsan 11,1%, dan sang kalak, Andi Amran Sulaiman dengan 10,0%.

Kandidat lainnya, mendapat suara kurang dari 10 persen yakni Indah Putri Indriani (7,4%), Mohammad Ramdhan Pomanto (6,3%), Iham Arief Sirajuddin (6,1%),

Taufan Pawe (5,8%), lalu Nurdin Halid (4,4%), Andi Iwan Darmawan Aras (3,0%), Andi Fahsar M Padjalangi (2,2%), Bahtiar Baharuddin (2,2%), Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki (2,0%), dan Muhammad Fadil Imran (1,0%). Sementara itu, sebanyak 2,8% responden memberikan suara untuk pilihan 'lainnya'.

Adapun, survei online persepsi publik terhadap pilkada di delapan provinsi tersebut dilakukan dengan menggunakan platform data collection tSurvey yang mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight Telkomsel. Survei dilakukan pada tanggal 3-9 Mei 2024.

Populasi survei adalah penduduk di delapan provinsi berusia >17 tahun yang memiliki nomor handphone (populasi tSurvey yang berbasis telco data insight Telkomsel). Secara keseluruhan responden survei ini berjumlah 7.864 responden dengan margin of error +/-1.1% pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...