BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di 20 Provinsi, Ada Petir dan Banjir

Ira Guslina Sufa
8 Juni 2024, 08:02
BMKG
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/Spt.
Awan tebal yang menyelimuti pemukiman dan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (8/1/2024).
Button AI Summarize

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat yang diprakirakan akan mengguyur 20 provinsi di Indonesia pada Sabtu (8/6). Selain hujan lebat, BMKG juga mengingatkan potensi hujan disertai petir. 

Mengutip laman resmi BMKG dua puluh provinsi yang berpotensi diterjang hujan lebat itu adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Berikutnya, Provinsi Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

 Adapun daerah yang berpotensi mengalami hujan disertai petir adalah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung. Wilayah lainnya adalah  Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Hujan yang disertai petir dan kilat juga diprediksi oleh BMKG berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Ada pula peringatan mengenai hujan yang disertai dampak seperti banjir. Potensi ini berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua. Berikutnya, BMKG mengingatkan masyarakat mengenai potensi angin kencang yang melanda sejumlah daerah, yakni Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...