Kapolda Jateng Bakal Jabat Posisi Penting di Kemendag, Ini Profilnya

Dini Pramita
9 Juni 2024, 19:48
Ilustrasi. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) berbincang dengan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi (kiri) saat menghadiri acara Dialog Kebangsaan di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/10/2023). Kapolda Jawa Tengah akan menjaba
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/nym.
Ilustrasi. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) berbincang dengan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi (kiri) saat menghadiri acara Dialog Kebangsaan di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/10/2023).
Button AI Summarize

Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol. Dedi Prasetyo membenarkan kabar Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Lutfi yang akan mengisi jabatan Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan. "Iya sedang berproses karena itu jabatan Eselon 1," kata Dedi mengutip Antara, Sabtu (9/6/2024).

Pernyataan serupa dilontarkan Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang menyatakan Ahmad Luthfi sedang dalam proses untuk menjabat Irjen Kemendag. Menurut Zulhas, proses tersebut sudah hampir selesai dan untuk menduduki jabatan tersebut, Ahmad Luthfi harus pensiun dini.

Nama Ahmad Luthfi juga digadang-gadang sebagai bakal calon gubernur yang diusung oleh PAN untuk menghadapi Pilkada Jawa Tengah 2024. "PAN mendukung, memenangkan Ahmad Luthfi untuk Gubernur Jawa Tengah periode 2024-2029," kata dia.

Ahmad Luthfi, Sempat Pimpin Kepolisian Surakarta

Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk,. S.H. merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1989. Ia mengawali karier perwiranya sebagai Kapolres Batang, Jawa Tengah, pada 2010. Dia kemudian menjabat Wakil Direktur Intelijen dan Keamanan (Wadir Intelkam) Polda Jateng selama 2010-2011.

Karier kepolisiannya di Jawa Tengah semakin matang ketika menjabat sebagai Wakil Kapolres Surakarta, Jawa Tengah, pada 2011. Saat itu, ia mendampingi Listyo Sigit Prabowo-- yang kini merupakan Kapolri-- yang menjabat sebagai Kapolres Surakarta.

Ketika itu, Joko Widodo masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Kariernya semakin menanjak dengan menggantikan Listyo sebagai Kapolres Surakarta pada 2015.

Dua tahun kemudian, yaitu pada 2017, ia ditarik ke Mabes Polri untuk mengisi jabatan sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Sosbud Baintelkam Polri. Setahun kemudian, ia ditunjuk menjadi Wakapolda Jawa Tengah untuk menggantikan posisi Listyo yang dilantik menjadi Kapolri.

Berselang dua tahun, tepatnya pada 2020, ia naik jabatan menjadi Kapolda Jawa Tengah hingga saat ini.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...