Sejumlah Pendukung Prabowo dapat Jatah Komisaris BUMN, Ini Daftarnya

Amelia Yesidora
12 Juni 2024, 15:15
prabowo, komisaris, bumn
Dok. Kementerian Pertahanan
Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto tampil sebagai pembicara dalam sesi Special Address pada forum IISS Shangri-La Dialogue 2024
Button AI Summarize

Beberapa orang pendukung pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka mendapat jabatan baru di BUMN usai Pilpres 2024. Terbaru, Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Gerindra, Siti Nurizka Puteri Jaya, diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pupuk Sriwidjaja Palembang pada Senin (10/6).

Di hari yang sama, PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID juga mengangkat dua orang komisaris baru yakni kader Gerindra Fuad Bawazier sebagai Komisaris Utama dan pendiri PSI Grace Natalie sebagai komisaris. Pengangkatan ini disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan atau RUPST 2023.

Berikut daftar beberapa pendukung Prabowo-Gibran lainnya yang menduduki posisi komisaris BUMN:

1. Siti Nurizka Puteri Jaya

Perempuan yang akrab disapa Rizka ini menjadi Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Pupuk Sriwidjaja Palembang menggantikan Setya Utama yang diberhentikan secara hormat. Rizka juga adalah anggota DPR Komisi III dari Fraksi Gerindra.

Rizka sempat menjabat sebagai kepala pemberdayaan wanita DPP Partai Gerindra pada 2015-2020 lalu. Pada periode yang sama, dia juga berstatus sebagai kepala hukum administrasi DPP Partai Gerindra. 

Namanya juga pernah berlaga di Pemilihan Kepala Daerah 2015 lalu. Rizka maju sebagai Calon Wakil Bupati Musirawas Utara, Sumatera Selatan pada Pilkada 2015. Pasangannya kala itu adalah Khairul Alamsyah selaku calon bupati, namun kalah oleh pasangan Syarif Hidayat-Devi Suhartoni.

2. Fuad Bawazier

Fuad sudah membantu Prabowo sejak Pilpres 2014 lalu dengan menjadi juru bicara tim pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno. Saat Pilpres 2024, ia menjabat Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran di bawah arahan Ketua Dewan Pakar, Burhanuddin Abdullah. Kini, ia menjabat komisaris utama PT MIND ID

 Fuad adalah kader Gerindra sejak 2015 dan sempat menjabat sebagai Menteri Keuangan di era Persiden Soeharto. Jabatan ini hanya ia pegang tiga bulan, dari Maret hingga Mei, saat Soeharto lengser.

Fuad Bawazier
Fuad Bawazier (mind.id)

 

 Fuad juga pernah mengisi kursi sebagai anggota parlemen selama dua periode. Pertama, anggota MPR periode 1999-2004 dan kedua menjadi anggota DPR 2004-2009.

3. Grace Natalie

Grace Natalie menjadi Komisaris MIND ID menggantikan Jisman Parada Hutajulu. Dalam Pilpres, Grace bertindak selaku Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran. PSI, partai Grace bernaung, juga menjadi salah satu anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang juga berisi Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua PSI Kaesang kunjungi Kalbar
Ketua PSI Kaesang kunjungi Kalbar (ANTARA FOTO/Jessica Wuysang/aww.)

 

Grace Natalie merupakan salah satu pendiri Partai Solidaritas Indonesia atau PSI dan langsung menjabat Ketua Umum. Kini, ia duduk sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina PSI sementara Ketua PSI adalah anak bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Sebelum terjun ke politik, ia adalah jurnalis di stasiun TV swasta dan pernah menjadi CEO Saiful Mujani Research. Pada 17 Mei lalu, Presiden Jokowi juga memilihnya sebagai Staf Khusus Presiden.

4. Simon Aloysius Mantiri

Simon menjabat Komisaris Utama PT Pertamina menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok mundur dari jabatannya lantaran mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam kampanye Pilpres 2024 lalu.  

Simon adalah orang dekat Prabowo dan ikut menjadi bendahara TKN Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 sebagai bendahara. Namanya juga tercatat dalam Anggota Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra periode 2020-2025. 

Di LinkedIn pribadinya ditemukan bahwa Simon menjabat personal assitant kepada CEO sekaligus menjadi direktur Nusantara Energy Indonesia. Perusahaan ini sendiri terafiliasi dengan Prabowo Subianto dan berdiri pada 2001.

Bisnisnya bervariasi mulai dari pertambangan batu bara, kelapa sawit, hingga perhutanan. Nusantara Energy membawahi 27 perusahaan yang bergerak di dalam maupun luar negeri.

5. Condro Kirono

Condro Kirono menjabat sebagai Komisaris Independen PT Pertamina, berdasar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 Pertamina yang dilaksanakan Senin (10/6). Penetapan ini bersamaan dengan Simon yang diangkat jadi Komisaris Utama Pertamina, menggantikan Ahok.

Dalam Pilpres 2024 kemarin, Condro menjadi salah satu Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran. Jabatan ini ia emban bersama berbagai purnawirawan yakni Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto dan Letjen TNI Lodewijk F. Paulus.

PENINJAUAN LAYANAN BBM PADA LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU
PENINJAUAN LAYANAN BBM PADA LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

 

Meski demikian, nama Condro bukan sosok baru di Pertamina dan BUMN. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi Komisaris Independen PT Pos Indonesia pada 2021 dan Komisaris Pertamina pada 2019.

Ia memiliki latar belakang kepolisian yang lulus dari Akademi Kepolisian pada 1984. Ia pernah menjadi Kapolda Riau pada 2013 dan Kapolda Jawa Tengah pada 2016. Dari Jawa Tengah, ia menjabat sebagai Kepala Kebijakan Utama Badan Pemeliharaan Keamanan atau Kabaharkam Polri pada 2019. Menjelang pensiun, ia menjabat Analis Kebijakan Utama Badan Pemeliharaan Keamanan atau Baharkam Polri.

6. Prabu Revolusi

Politikus Partai Perindo ini diangkat sebagai Komisaris Independen PT Kilang Pertamina Internasional atau KPI pada Februari 2024.

 Saat Pilpres 2024, awalnya Prabu bertugas di Deputi Komunikasi 360 Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, namun ia dipecat. Prabu kemudian beralih mendukung Prabowo-Gibran, meski dirinya tidak tergabung dalam Tim Kampanye Nasional pasangan itu. 

7. Siti Zahra Aghnia

Siti Zahra Aghnia adalah istri dari TKN Fanta, Arief Rosyid Hasan. Ia diangkat sebagai Komisaris Independen PT Pertamina Patra Niaga per 1 Februari 2024.

Melansir laman uiarch.net, perempuan yang akrab disapa Rara ini mulai menjalani pendidikan sarjana program studi Arsitektur Interior Reguler Fakultas Teknik Universitas Indonesia sejak 2009. Rara kemudian memperoleh gelar sarjananya tekniknya pada 2013.

Istri Arief Rosyid, Siti Zahra Aghnia
Istri Arief Rosyid, Siti Zahra Aghnia (Instagram @ariefrosyid.id)

 

Tiga tahun berselang setelah kelulusannya, Rara menikah dengan Arief Rosyid pada 2016. Arief sendiri pernah menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam atau PB HMI 2013–2015. 

Acara pernikahan dengan adat Aceh ini dihadiri sejumlah elit politik kala itu. Mulai dari mantan wakil presiden Jusuf Kalla, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Bappenas Sofyan Djalil, Menkominfo Rudiantara, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan lainnya.

8. Anto Mukti Putranto

Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir menunjuk Letjen TNI (Purn) Anto Mukti Putranto sebagai Komisaris Independen PT Pindad (Persero) pada Senin, 18 Maret 2024. 

Putranto merupakan Asisten Khusus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, ia menggantikan Mayjen TNI (Purn) Sakkan Tampubolon yang diberhentikan dengan hormat dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) holding BUMN industri pertahanan DEFEND ID.  

9. Tsamara Amany

Berbeda dengan pendukung Prabowo lainnya, Tsamara mendapat promosi jabatan pada akhir 2023 lalu. Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Tsamara sebagai Komisaris Independen Holding PT Perkebunan Nusantara atau PTPN pada 19 Desember 2023. Di saat yang bersamaan, ia juga menjabat sebagai Staf Khusus V Menteri BUMN.

Tsamara sendiri dikenal sebagai kader PSI, sama seperti Grace. Namun pada 2022, ia sudah keluar dari partai berlogo mawar itu. Dalam Pemilu 2019, Tsamara menjadi salah satu Juru Bicara Jokowi-Maruf.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...