Nasib Ridwan Kamil di Pilkada 2024 Ditentukan Keputusan DPP Golkar

Ira Guslina Sufa
18 Juni 2024, 13:23
Golkar
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berbincang dengan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (kanan) dan Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran untuk wilayah Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) pada acara pembekalan kepada calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada 2024 di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (21/11/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan keputusan soal langkah Ridwan Kamil maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan ditentukan oleh pengurus Dewan Pimpinan Pusat Golkar. Ia yakin Ridwan akan ikut dengan keputusan partai.

“Jadi tentu Pak Ridwan Kamil akan mendengar pertimbangan yang ada, dukungan dari parpol, dan tentu akan ada kesepakatan antar ketua umum,” kata Airlangga seperti dikutip dari Antara. 

Saat ini, Golkar belum memutuskan apakah Ridwan Kamil akan maju di pilkada Jawa Barat atau Jakarta. Nama Ridwan saat ini masuk dalam bursa calon kepala daerah di dua provinsi. Adapun Ridwan sebelumnya menjabat gubernur Jawa Barat. 

Airlangga mengatakan saat ini status Ridwan Kamil adalah Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Sementara itu, Golkar masih perlu melakukan kalkulasi politik sebelum memberikan rekomendasi final. Menurut Airlangga keputusan bakal diambil akhir Juli 2024.

"Sesuai dengan apa yang jadi kesepakatan kami akan terus evaluasi sampai dengan bulan Juli, tentu  siapa yang akan maju dan sebagainya, kami tunggu survei juga,” katanya menegaskan.

Sebelumnya, Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyatakan kecil peluang kemenangan Ridwan Kamil (RK) di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Jakarta. Menurut dia, hal yang paling rasional jika Ridwan Kamil maju di Pilkada Jawa Barat (Jabar). 

Ujang menilai RK sudah memiliki investasi politik sebagai mantan Gubernur Jabar. "Sudah banyak program yang dilaksanakan, apalagi masyarakat masih menginginkan," ujarnya.

Dia tidak menafikan jika RK juga berpeluang maju di Jakarta. Tetapi RK akan bekerja lebih keras lagi untuk bisa menang. Hal itu menjadi pilihan RK dan Partai Golkar sebagai kendaraan politiknya.

"Di Jabar, bisa menang dengan mudah. Di Jakarta, bisa menang, tetapi bisa juga kalah," ujarnya.

Sebelumnya, survei terbaru SMRC menempatkan nama Ridwan Kamil berada di urutan pertama Top of Mind responden saat dilakukan simulasi nama terbuka siapa yang bakal dipilih jika Pilgub Jabar digelar hari ini. RK dipilih 52,2 persen responden SMRC pada survei yang digelar 27 Mei hingga 2 Juni 2024.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...