Gerindra Nilai Faktor Jokowi Masih Berpengaruh di Pilkada 2024

Ade Rosman
20 Juni 2024, 16:13
Gerindra
ANTARA FOTO/Rina Nur Anggraini/sgd/nym.
Wakil Komandan Echo (Hukum dan Advokasi) TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman (kiri) dan Wakil Komandan Alpha (Teritorial) Fritz Edward Siregar menyampaikan keterangan pers di Media Center TKN, Jakarta, Kamis (4/1/2024).
Button AI Summarize

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menilai figur Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berpegaruh di gelaran pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024. Ia mengatakan, saat ini masyarakat cenderung melirik sikap poliik pemimpin yang dihormatinya.

"Kalau pemimpin yang mereka hormati tentu mereka akan dengar juga gitu, pasukan mereka, sikap politik mereka, gestur politik mereka, tentu menurut saya sih masih sangat berpengaruh ya," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu menilai Jokowi telah maksimal dalam menjalankan tugas pokoknya sebagai presiden. Hal itu, dinilai baik untuk proses transisi ke pemerintahan selanjutnya.

"Ini hal yang bagus dalam konteks transisi ini, berarti kan akan lebih banyak hal-hal yang sifatnya legacy, sifatnya pencapaian-pencapaian yang akan dimaksimalkan di pemerintahan berikutnya," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pilkada serentak 2024 akan digelar pada 27 November 2024. Masa pendaftaran bakal calon kepala daerah dibuka pada 27 hingga 29 Agustus 2024. 

Saat ini belum ada partai yang mendeklarasikan dukungan untuk tokoh tertentu dalam pilkada. Nama-nama yang berada baru sebatas usulan sembari melakukan penjajakan untuk membangun koalisi di Pilkada. 


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...