Erick Thohir: Tanri Abeng Sosok Berjasa Besar untuk Indonesia

Sorta Tobing
23 Juni 2024, 12:44
tanri abeng, erick thohir, bumn
Pertamina
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Button AI Summarize

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut pendahulunya, Tanri Abeng, sebagai sosok yang berjasa besar untuk Indonesia.

"Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Berduka yang dalam atas wafatnya Menteri BUMN pertama, Pak Tanri Abeng. Sosok yang berjasa besar untuk negeri ini," ujar Erick dikutip dari laman Instagram resmi @erickthohir di Jakarta, Minggu (23/6).

Mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN Tanri Abeng meninggal dunia pada Minggu dini hari pukul 02.36 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

Tanri Abeng menjabat sebagai menteri pada 1998. Ketika itu Presiden ke-2 RI Soeharto memintanya membentuk kementerian baru yang mengurus perusahaan-perusahaan pelat merah. Jabatan sebagai menteri negara pendayagunaan BUMN ia jabat hingga era Presiden BJ Habibie. 

Sebelumnya, Tanri dikenal sebagai profesional yang memimpin beberapa perusahaan besar di Indonesia, seperti Bakrie & Brothers dan PT Multi Bintang Indonesia. Ia sempat menyandang predikat Manajer Rp 1 Miliar karena berhasil melipatgandakan pendapatan Bakrie & Brothers dalam waktu lima tahun. 

Usai tak lagi menjadi menteri, Tanri menjabat sebagai komisaris utama di perusahaan BUMN  Telkom, Pertamina, dan terakhir Bio Farma. Pada 2011, Tanri mendirikan Universitas Tanri Abeng di Jakarta Selatan.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...