PKS Bakal Usung Sohibul Iman Maju di Pilgub Jakarta

Syahrizal Sidik
23 Juni 2024, 19:45
PKS Bakal Usung Sohibul Iman Maju di Pilgub Jakarta
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman (kedua kanan) bakal diusung partainya maju dalam kontestasi Pilgub Jakarta.
Button AI Summarize

Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bakal mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur Daerah Khusus Jakarta.

“Sebagai partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai calon gubernur DK Jakarta. Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman,” kata Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri, melalui siaran pers, Minggu (23/6). 

Mabruri menambahkan, Sohibul Iman merupakan figur yang memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni. Sohibul Iman pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020. Di bawah kepemimpinannya, PKS mengalami peningkatan suara dan kursi secara signifikan dari 8,46 juta suara (6,77%) di 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21%) di 2019, atau meningkat dari 40 kursi di 2014 menjadi 50 kursi di 2019. 

"Beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik,” kata dia. 

Sohibul, kata Mabruri, juga terpilih tiga kali menjadi Anggota DPR pada periode 2009-2014, periode 2014-2019, dan periode 2024-2029 dan sempat memimpin DPR RI sebagai Wakil Ketua DPR. 

Sebelum terjun di dunia politik, Sohibul Iman juga dikenal sebagai seorang teknokrat dan cendekiawan Muslim. Ia lama berkecimpung dalam bidang teknologi di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) KEMENRISTEK RI sejak 1994 hingga 2005.

Lulusan doktor dari Graduate School of Knowledge Science, Japan Advanced Institute of Science and Technology ini juga pernah menjadi rektor Universitas Paramadina periode 2005-2007 dan memimpin berbagai lembaga nirlaba yang fokus pada pengembangan inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia strategis.

“Pak Sohibul Iman ini figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat yang handal, politisi yang mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan,” tutup Mabruri. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...