PDIP Timang Usung Kapolda hingga Bambang Pacul di Pilkada Jateng

Ade Rosman
25 Juni 2024, 15:19
PDIP
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membacakan rekomendasi eksternal saat penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).
Button AI Summarize

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengungkapkan partainya hingga kini masih memetakan calon yang akan diusung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jawa Tengah. Menurut Puan beberapa nama telah dibahas di internal partai. 

Saat ini PDIP mempertimbangkan untuk mengusung  Ketua Badan Pemenangan Pemilu sekaligus Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Nama lain adalah Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi. 

Puan tak membantah kabar itu. Ia menjawab singkat saat ditanya peluang Bambang Pacul. “Bisa,” ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6). Hal yang sama juga ia sampaikan saat ditanya peluang PDIP mengusung Lutfi. 

Kendati demikian, Ketua DPR itu mengatakan saat ini PDIP masih membuka komunikasi dengan semua partai sebelum mengeluarkan rekomendasi di Pilkada. “Kan belum pendaftaran, kan masih Agustus. Jadi masih ada waktu kita tunggu aja yang pasti  komunikasi tetap kita lakuin ke semua partai,” kata Puan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pilkada serentak 2024 akan digelar pada 27 November 2024. Masa pendaftaran bakal calon kepala daerah dibuka pada 27 hingga 29 Agustus 2024. 

Saat ini belum ada partai yang mendeklarasikan dukungan untuk tokoh tertentu dalam pilkada. Nama-nama yang berada baru sebatas usulan sembari melakukan penjajakan untuk membangun koalisi di Pilkada.




Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...