Lawan Timnas di Kualifikasi Piala Dunia: Jepang hingga Australia

Ameidyo Daud Nasution
27 Juni 2024, 15:26
Timnas, piala dunia, jepang, australia
Instagram/@pssi
Timnas Indonesia
Button AI Summarize

Timnas Indonesia masuk dalam grup berat dalam babak kualifikasi ketiga Piala Dunia 2026. Indonesia berada dalam satu grup bersama Jepang, Australia, dan Arab Saudi.

Hal tersebut merupakan hasil dari pengundian alias drawing yang dilakukan Federasi Sepakbola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6). Dari hasil pengundian, Indonesia masuk Grup C bersama-sama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan Cina.

Tak hanya itu, Timnas akan langsung melakoni partai berat dengan bertandang ke Arab Saudi pada 5 September 2024. Setelah itu, Tim Garuda akan menjamu Australia lima hari kemudian.

Kualifikasi ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia akan berlangsung hingga 10 Juni 2025. Dua peringkat teratas dalam grup akan langsung lolos ke puataran final Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat-Kanada-Meksiko.

Jepang saat ini berada di ranking 17 FIFA. Sedangkan Australia berada di ranking 23 dunia. Berikut daftar ranking FIFA penghuni Grup C di kualifikasi ketiga:

1. Jepang peringkat 17 dunia
2. Australia peringkat 23 dunia
3. Arab Saudi peringkat 56 dunia
4. Bahrain peringkat 81 dunia
5. Cina peringkat 88 dunia
6. Indonesia peringkat 134 dunia

Skenario Menuju Piala Dunia

Peringkat pertama dan kedua di tiga grup akan langsung lolos menuju Piala Dunia 2026.  Sedangkan tim yang berada di peringkat 3 atau 4, harus melalui kualifikasi keempat.

Dalam kualifikasi keempat, enam tim yang lolos dari kualifikasi ketiga akan dibagi menjadi dua grup. Masing-masing peringkat satu di grup akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan peringkat kedua di grup akan saling bertanding dalam kualifikasi kelima.

Tim yang memenangkan kualfikasi kelima, akan menjadi perwakilan AFC untuk bertanding dalam play off antar konfederasi. Mereka akan bertanding melawan perwakilan Afrika, Amerika Latin, Amerika Utara, dan Oseania untuk memperebutkan tiket terakhir menuju Piala Dunia 2026.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...