BMKG Minta Masyarakat Waspadai Fenomena Cuaca di Sebagian Indonesia

Dini Pramita
30 Juni 2024, 08:07
BMKG Prakiraan Cuaca Minggu 30 Juni 2024
BMKG
BMKG Prakiraan Cuaca Minggu 30 Juni 2024
Button AI Summarize

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai berbagai fenomena cuaca seperti hujan lebat disertai kilat atau petir, hingga hujan lebat yang berpotensi menyebabkan banjir pada Minggu (30/6/2024).

Mengutip situs web resmi BMKG, hujan lebat disertai kilat berpotensi melanda 23 provinsi di Indonesia. Ke-23 provinsi tersebut terbentang dari Sumatera hingga Papua. Di Sumatera, hujan lebat disertai kilat berpotensi melanda Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, hingga Lampung.

Potensi serupa diramalkan akan melanda sebagian besar wilayah Jawa Barat. Provinsi lainnya yang berpotensi dilanda hujan disertai kilat atau petir adalah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Hujan Lebat Berpotensi Melanda 22 Provinsi, Waspadai Potensi Banjir

Selain itu, BMKG memprediksi adanya potensi hujan lebat yang akan mengguyur 22 provinsi. Ke-22 provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Hujan lebat juga akan menyambangi sebagian besar Pulau Sulawesi hingga Papua. Provinsi yang tidak luput dari guyuran hujan lebat di Sulawesi adalah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara. Kemudian Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Di beberapa wilayah, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat menimbulkan dampak seperti banjir hingga longsor. Wilayah yang mendapatkan peringatan tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, beberapa wilayah berpotensi dilanda angin kencang, meliputi Aceh, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, dan Papua.

Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Pagi

Hujan dengan intensitas ringan berpotensi mengguyur sebagian besar Daerah Khusus Jakarta sejak pagi hingga siang hari. Mengutip prakiraan cuaca dari situs web resmi BMKG, hujan dengan intensitas ringan berpotensi menyambangi Jakarta Selatan, Jakarta Timur, hingga Jakarta Utara.

Sedangkan sebagian besar lainnya berpotensi berawan hingga malam hari. Cuaca di Jakarta Barat diramalkan akan berawan hingga siang hari dan cerah berawan pada malam hingga dini hari.

Sedangkan cuaca di Jakarta Pusat diramalkan akan terus berawan hingga malam hari. Menuju dini hari, cuaca beranjak menjadi cerah berawan.

Usai dilanda hujan pada pagi hingga siang hari, cuaca Jakarta Selatan dan Jakarta Barat diprediksi cerah berawan pada malam hingga dini hari nanti. Sementara itu, cuaca di Jakarta Timur akan terus berawan pada malam hari setelah diguyur hujan pada pagi hingga siang hari.

Cuaca di Kepulauan Seribu diprediksi terus berawan sepanjang pagi hingga siang hari dan cerah berawan pada malam hari.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...