PM Malaysia Telepon Prabowo Bahas Wacana Kirim Pasukan ke Gaza

Agustiyanti
1 Juli 2024, 21:23
anwar ibrahim, malaysia, pasukan perdamaian, gaza
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Rommy Pujianto/foc.
Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim menghadiri ASEAN-Republik of Korea Summit ke-24 di Jakarta, Rabu (6/9/2023).
Button AI Summarize

Malaysia menyatakan kesediaan untuk bekerja sama dengan Indonesia untuk mengirim pasukan perdamaian bersama ke Gaza, Palestina jika diamanatkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kesediaan ini telah disampaikan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melalui sambungan telepon.

“Menyinggung situasi kemanusiaan di Palestina, saya ingin menginformasikan kesediaan Malaysia untuk bekerja sama, termasuk dalam aspek penempatan pasukan penjaga perdamaian bersama Indonesia jika diamanatkan oleh PBB,” kata Anwar di akun media sosialnya, seperti dikutip dari Antara. 

Anwar mengatakan, telah melakukan perbincangan selama tiga menit dengan Prabowo, menyampaikan rasa syukur atas kelancaran operasi yang dilakukan presiden terpilih RI itu baru-baru ini. Ia juga mendoakan agar Prabowo segera pulih agar dapat segera kembali menjalankan tanggung jawab yang diamanahkan.

Ia juga sempat bertukar pandangan mengenai isu-isu terkini, terutama peran Prabowo dalam mewakili Indonesia di kancah internasional belakangan ini dan membawa visi, kolaborasi, serta perdamaian regional dan universal.

“Saya menyambut baik gagasan kerja sama misi penjaga perdamaian internasional Malaysia-Indonesia, dan kerja sama tersebut dapat diperluas ke tingkat regional ASEAN,” kata Anwar.

Di akhir perbincangan, ia mengatakan menyampaikan harapan agar pemilu Indonesia yang berakhir dengan Pemilihan Kepala Daerah  pada 27 November 2024 dapat berjalan dengan baik dan dipermudah. Ia juga berharap segala persiapan pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024 berjalan lancar.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...