DPR dan Mantan Mendikbud Rapat Soal Biaya Pendidikan, Anies Absen

Ameidyo Daud Nasution
2 Juli 2024, 12:41
anies, dpr, pendidikan
Katadata/Ade Rosman
Rapat DPR dengan mantan Mendikbud di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (2/7). Foto: Katadata/Ade Rosman
Button AI Summarize

Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengundang para mantan Menteri Pendidikan dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/7).

RDPU itu membahas alokasi anggaran pendidikan yang belakangan disoroti lantaran adanya perguruan tinggi menaikkan biaya kuliah.

Pada RDPU itu, dua mantan Menteri Pendidikam yakni Bambang Sudibyo dan Anies Baswedan tak hadir lantaran tengah berada di luar negeri. Sementara tiga lainnya, yakni Muhammad Nuh, Muhadjir Effedy, dan Muhammad Nasir hadir secara langsung.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf mengatakan, panja pembiayaan pendidikan dibuat lantaran isu-isu yang ramai belakangan, termasuk naiknya biaya perguruan tinggi. Dede mengatakan, pada RDPU kali ini agar melihat pandangan dari para mantan Menteri Pendidikan.

Agenda hari ini adalah pandangan terhadap arah kebijakan pendidikan nasional saat ini dan ke depan, serta pandangan dan gagasan reformulasi anggaran fungsi pendidikan dan alokasi sebarannya kepada K/L atau kepala daerah," kata Dede.

Dalam pembukannya, Dede mengatakan, tak mudahnya mencapai target output menuju generasi emas yang tergambar dari high tinking order skills generasi muda. 

Sebagai informasi, Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 2014 hingga 2016. Posisinya digantikan oleh Muhadjir Effendy yang saat itu menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Malang.

Warga menyambangi HUT Anies Baswedan di kediaman Anies, Jakarta Selatan (7/5). Foto: Amelia Yesidora
Warga menyambangi HUT Anies Baswedan di kediaman Anies, Jakarta Selatan (7/5). Foto: Amelia Yesidora (Katadata)

Usai menjabat sebagai Mendikbud, Anies lalu mengikuti kontestasi Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2017. Ia yang berpasangan dengan Sandiaga Uno lalu terpilih usai mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...