Puan Sebut PDIP Pertimbangkan Kaesang di Pilkada Jawa Tengah

Ameidyo Daud Nasution
2 Juli 2024, 15:06
kaesang, puan, pdip
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.
Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidato dalam rapat paripurna pembukaan masa persidangan III tahun 2023-2024 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2024).
Button AI Summarize

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyebut nama putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk pertimbangan partainya untuk diusung di Pilkada Jawa Tengah 2024.

"Iya dong, (Kaesang) jadi salah satu pertimbangan juga," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/7).

Dalam survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), elektabilitas Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu sebelumnya masuk dalam jajaran teratas kandidat calon Gubernur Jawa Tengah. 

Nama Kaesang juga berada di atas kader PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Menanggapi hal itu, Puan menyambut dengan anggapan itu merupakan hal yang bagus.

"Enggak apa-apa, bagus Kaesang," kata Puan.

Sebelumnya, dalam survei LSI, Kaesang dan Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Ahmad Luthfi unggul dalam Pilkada Gubernur Jawa Tengah.

"Meski begitu, ada empat nama yang bersaing cukup ketat yakni Kaesang Pangarep, Ahmad Luthfi, Taj Yasin Maimoen dan Bambang Wurianto," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan lewat kanal YouTube LSI, Minggu (30/6).

LSI membuat simulasi top of mind mengenai kandidat bakal calon Gubernur Jawa Tengah tanpa memberikan batasan pilihan kepada para responden. Hasilnya sebagai berikut:

1. Ahmad Luthfi 5,2%
2. Kaesang Pangarep 2,5%
3. Kader Partai Gerindra sekaligus asisten pribadi Prabowo Subianto, Sudaryono dengan 2,1%
4. Politisi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul 1,8%
5. Bupati Kendal Dico Ganinduto 1,7%
6. Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Meimoen 1,5%
7. Belum menentukan pilihan 78,7%

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...