Megawati soal Kasus Asusila Hasyim Asy'ari: Kok Begitu? Pusing Saya

Ade Rosman
5 Juli 2024, 13:37
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP, Jakarta, Minggu (26/5). Foto: PDIP
PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP, Jakarta, Minggu (26/5). Foto: PDIP
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyayangkan tindakan asusila yang dilakukan Hasyim Asy'ari. Perbuatan Hasyim membuat dia dipecat dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sedih saya melihat yang namanya pemerintahan Republik Indonesia, (KPU) itu kan bagian. kok begitu ya? Pusing saya," kata Megawati saat membuka acara pengambilan pengucapan sumpah janji jabatan pengurus DPP PDIP, di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (5/7).

Presiden ke-5 RI itu mengatakan, seharusnya pemerintah melalui lembaga negara menjadi pengayom serta memberikan masyarakat hak yang setara dalam seluruh proses politik. "Tapi itu sebenarnya hakekat," kata dia.

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan Hasyim Asy'ari sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasyim dinilai terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilu.

Putusan itu dibacakan Ketua DKPP Heddy Lugito dalam sidang di Kantor DKPP yang digelar Rabu (3/6).

"Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy'ari selaku ketua merangkap anggota Komisi Pemilihan Umum terhitung sejak putusan ini dibacakan," kata Heddy membacakan putusan dalam sidang.

DKPP menginstruksikan putusan itu dilaksanakan paling lama tujuh hari sejak putusan dibacakan. Selain itu juga memerintahkan Bawaslu untuk mengawasi putusan ini.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...