Kaesang Bawa Petinggi PSI Temui Presiden PKS Bahas Kans Pilkada

Ade Rosman
8 Juli 2024, 17:54
Kaesang
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/Spt.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menjawab pertanyaan warga saat berkunjung di Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (3/12/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep bersama sejumlah petinggi partainya menyambangi markas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta Selatan, Senin (8/7) sore. Kaesang yang mengenakan batik bermodel kimono tiba di DPP PKS sekitar pukul 16.15 WIB. 

Kedatangan Kaesang disambut Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi pun turut menyambut putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Setibanya di kantor PKS, Kaesang disambut Aboe yang menanyakan kabarnya. Aboe pun menyinggung hasil survei belakangan yang menunjukkan nama Kaesang bersaing di bursa Pilkada Jawa Tengah.

"Tapi survei hari ini saya liat ngeri bos," kata Aboe. Kaesang menanggapi ucapan Aboe dengan tersenyum. "Ampun," kata Kaesang sembari tertawa tipis.

Belakangan, nama Kaesang diperhitungkan di Pilkada Jawa Tengah menurut sejumlah lembaga survei. Teranyar survei Indikator Politik dan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, nama Kaesang dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi menjadi dua nama teratas sebagai calon gubernur Jateng.

Hal tersebut terlihat dari survei yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia. Survei yang dilakukan pada 10 hingga 17 Juni itu juga merancang kemungkinan Kaesang dan Luthfi jika berpasangan. Hasilnya: elektabilitas pasangan itu mengungguli calon-calon lainnya.

Elektabilitas Ahmad Luthfi jika berpasangan dengan Kaesang berada jauh di atas pasangan lain. Dalam hal ini, Indikator menempatkan nama politisi PDIP Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) serta mantan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen sebagai kandidat lawan.

Dirilis sepekan sebelumnya, hasil tak jauh berbeda didapat LSI. Nama Kaesang dan Ahmad Luthfi unggul dalam Pilkada Jawa Tengah.

"Di Jawa tengah karena tidak ada incumbent, peta politiknya masih cair. Meski begitu, ada empat nama yang bersaing cukup ketat yakni Kaesang Pangarep, Ahmad Luthfi, Taj Yasin Maimoen dan Bambang Wurianto," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan lewat kanal YouTube LSI, Minggu (30/6)

LSI membuat simulasi top of mind mengenai kandidat bakal calon Gubernur Jawa Tengah tanpa memberikan batasan pilihan kepada para responden. Hasilnya sebagai berikut:

  • Ahmad Luthfi 5,2%
  • Kaesang Pangarep 2,5%
  • Kader Partai Gerindra sekaligus asisten pribadi Prabowo Subianto, Sudaryono dengan 2,1%
  • Politisi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul 1,8%
  • Bupati Kendal Dico Ganinduto 1,7%
  • Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Meimoen 1,5%
  • Belum menentukan pilihan 78,7%



Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...