Jokowi Reshuffle Kabinet, Thomas Djiwandono Dikabarkan Jadi Wamenkeu

Ameidyo Daud Nasution
18 Juli 2024, 11:07
Thomas Djiwandono. Foto: Laman Partai Gerindra
Partai Gerindra
Thomas Djiwandono. Foto: Laman Partai Gerindra
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo akan melantik dua anggota baru Kabinet Indonesia Maju. Kabarnya, nama dua politisi Gerindra yakni Thomas Djiwandono dan Sudaryono akan menjadi wakil menteri dalam reshuffle hari ini.

Dari kabar yang beredar, Thomas akan menjabat Wakil Menteri Keuangan II, sedangkan Sudaryono akan menjadi Wakil Menteri Pertanian.

Kabar pelantikan ini juga dibenarkan oleh pihak Istana Kepresidenan. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayanan mengatakan akan ada penambahan posisi Wamenkeu, pergantian Wamentan, serta pengisian posisi Wakil Menteri Investasi.

"Mengenai nama-nama yang akan dilantik, tunggu jam 15.00 WIB," kata Ari dalam pesan singkat, Kamis (18/7).

Sedangkan pihak Gerindra belum bersuara soal penunjukkan kader mereka. Hingga berita ini ditulis Ketua Dewan Pimpinan Pusat Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman belum merespons pesan singkat Katadata.co.id.

Thomas Djiwandono saat ini menjabat sebagai Bendahara Partai Gerindra. Sedangkan Sudaryono adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Tengah.

Thomas juga merupakan anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran. Tim ini sempat bertemu Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk membahas penganggaran program yang digagas Prabowo Subianto.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menepis pembentukan tim transisi menjelang masa pemerintahannya. Prabowo memilih untuk membentuk tim asistensi dan sinkronisasi menjelang pelantikannya pada Oktober 2024.

“Tidak ada tim transisi, yang ada tim asistensi dan ada juga kami bentuk tim sinkronisasi,” ujar Prabowo pada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/6).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...