Jokowi Reshuffle 3 Posisi Kabinet: Wamenkeu, Wamentan, Wamen Investasi

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Juli 2024, 11:28
reshuffle, jokowi, thomas djiwandono
ANTARA FOTO/Setpres/Rusman/Handout/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) mengambil sumpah jabatan pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 dan kepala lembaga pemerintah non kementerian di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal merombak atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Kamis (18/7) sore. Penataan ulang kabinet akan menyasar pada pos di tiga kementerian, yakni Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian dan Kementerian Investasi.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan agenda pelantikan akan berlangsung pada pukul 15.00 WIB. “Posisi wakil menteri yang akan dilantik oleh Presiden Jokowi adalah penambahan wakil menteri keuangan, pengangkatan wakil menteri investasi dan pergantian wakil menteri pertanian,” kata Ari lewat pesan singkat WhatsApp pada Kamis (18/7).

Kendati demikian, Ari tak memerinci lebih lanjut ihwal sosok atau figur yang akan dilantik oleh Jokowi sore nanti. “Mengenai siapa nama-nama yang akan dilantik, nanti tunggu pukul 15.00 WIB,” ujar Ari.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Keponakan Presiden terpilih Prabowo Subianto yakni Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II mendampingi Sri Mulyani. Saat ini, Thomas merupakan Bendahara Umum di Partai Gerindra. 

Selain itu sumber Katadata lainnya menyebutkan Thomas menjadi salah satu kandidat Menteri Keuangan pada masa pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendatang. 

Ihwal pengangkatan Thomas dalam jajaran kabinet Jokowi sudah dikonfirmasi pada petinggi Gerindra. Pesan yang dikirimkan kepada Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco dan Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani belum mendapat respon. 

Thomas merupakan pengendali keuangan partai yang diketuai oleh pamannya, Prabowo Subianto. Ia juga menjadi tokoh kunci dalam tim pemenangan Prabowo - Gibran. 

Nama lain yang kabarnya akan dilantik adalah politisi Partai Gerindra yakni Sudaryono. Ia dikabarkan akan menjadi Wakil Menteri Pertanian. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...