Profil Sudaryono, Wakil Mentan Eks Asisten Prabowo di Kabinet Jokowi

Ade Rosman
18 Juli 2024, 14:31
Politikus Gerindra Sudaryono jadi Wakil Menteri Pertanian, Kamis (18/7).
Katadata / Muhammad Fajar Riyandanu
Politikus Gerindra Sudaryono jadi Wakil Menteri Pertanian, Kamis (18/7).
Button AI Summarize

Mantan asisten pribadi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sudaryono dikabarkan akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) pada Kamis (18/7). Pelantikan Sudaryono bersamaan dengan Thomas Djiwandono yang diangkat menjadi Wakil Menteri Keuangan dan Yuliot Tanjung menjadi Wakil Menteri Investasi

Sebelum menjabat Sudaryono menjadi salah satu kandidat yang digadang-gadang akan dimajukan Partai Gerindra di Pilgub Jawa Tengah.

Saat ini, Sudaryono menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah. Ia juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), juga Ketua Dewan Pembina Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera). Selain itu, Sudaryono merupakan CEO dari Garuda TV.

Melansir laman pribadinya, sudaryono.id, Sudaryono yang merupakan lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara melanjutkan pendidikannya ke Jepang. Ia menempuh pendidikan di National Defense Academy of Japan pada 2004-2009.

Sepulangnya ke Indonesia, ia melanjutkan pendidikan program S2 Magister Manajemen di salah satu universitas di Jerman dan S3, Institut Pertanian Bogor.

Sudaryono mengawali kariernya dengan menjadi Corporate Secretary di Nusantara Energy pada 2014. Empat tahun setelahnya, pada 2018 ia dipercaya menjadi CEO Garuda TV. Kemudian, ia menjadi CEO PT Nusantara Telematics System sejak 2019, dan Chairman PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma sejak 2020.

Sudaryono menjadi asisten pribadi Prabowo sepulangnya dari Jepang. Pada 2020, dirinya menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, kemudian ia ditunjuk menjadi Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah pada 2023.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...