Ilham Habibie Sambangi DPP PKS, Jajaki Koalisi di Pilkada Jabar

Amelia Yesidora
18 Juli 2024, 14:31
ilham habibie, pks, nasdem, pilkada
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Bakal Calon Gubernur Jawa Barat yang diusung Partai Nasdem Ilham Akbar Habibie (kanan) berbincang dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kiri) saat melakukan pertemuan tertutup di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Button AI Summarize

Putra Presiden ke-3 BJ Habibie, Ilham Habibie, menyambangi DPP PKS hari ini, Kamis (18/7). Kehadiran Ilham merupakan penjajakan sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Barat.

Ilham datang dengan didampingi oleh rombongan Partai Nasional Demokrat (NasDem). Ia lalu diperkenalkan sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu bilang belum ada kesepakatan koalisi yang terbentuk di Jawa Barat antara dua partai tersebut. Namun, mereka sepakat ingin memajukan DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Belum fix ya. Nanti akan kami bicarakan detil pada kesempatan yang datang,” kata Syaikhu di DPP PKS, Jakarta, Kamis (18/7).

Syaikhu mengatakan pihaknya akan menetapkan tenggat waktu kesepakatan koalisi pada akhir Juli hingga awal Agustus. Dari sana, mereka baru akan memastikan mitra koalisi mereka di Pilkada.

 

Dalam pertemuan ini, turut hadir juga Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim. Ia mengatakan Jawa Barat adalah salah satu prioritas partai dalam Pilkada 2024 ini. Pasalnya, Jawa Barat provinsi terbesar, punya penduduk terbanyak, dan lumbung industri.

Selain itu, Hermawi mengatakan NasDem perlu mencari mitra dalam Pilkada Jawa Barat. Ini karena kursi mereka tak cukup untuk memajukan calon sendiri. 

"PKS meskipun banyak sekali kursinya di Jawa Barat, tetap tidak cukup. Apalagi NasDem yang cuma 8 (kursi). Jadi kalau kita bisa mengulangi success story koalisi 01, kenapa tidak?,” kata Hermawi dalam kesempatan yang sama.

NasDem sudah resmi mengusung Ilham Habibie sebagai calon gubernur Jawa Barat pada Juni lalu. Ketua Umum NasDem Surya Paloh sendiri yang memberikan surat rekomendasi pada putra Habibie ini. 

PKS sebelumnya sudah menyaring empat nama kadernya untuk maju di Pilgub Jawa Barat. Mereka ialah Presiden Jabar Ahmad Syaikhu, Anggota DPR sekaligus istri mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yakni Netty Prasetyani. Kemudian Ketua DPW PKS Jawa Barat Haru Suandharu dan Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...