Jokowi Resmi Lantik 3 Wakil Menteri, Thomas Djiwandono jadi Wamenkeu

Ameidyo Daud Nasution
18 Juli 2024, 15:06
jokowi, wakil menteri, thomas djiwandono
Katadata
Pelantikan Wakil Menteri di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5). Foto: M Fajar Riyandanu/Katadata
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik tiga Wakil Menteri hari ini. Salah satu yang dilantik adalah Bendahara Partai Gerindra Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan.

Dua nama lainnya adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Tengah Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian dan Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7) pukul 15.00 WIB. Pelantikan tiga pejabat tersebut diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta pembacaan sumpah.

Kabar pelantikan tiga menteri sebelumnya disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Ia mengatakan ada perombakan posisi Wakil Menteri dengan format berbeda-beda.

"Penambahan Wakil Menteri Keuangan, pengangkatan Wakil Menteri Investasi dan pergantian Wakil Menteri Pertanian,” kata Ari lewat pesan singkat WhatsApp pada Kamis (18/7).

Thomas Djiwandono saat ini juga menjabat sebagai Bendahara Partai Gerindra. Sedangkan Sudaryono adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Tengah. Adapun, Yuliot Tanjung sebelumnya adalah pejabat BKPM.

Thomas juga merupakan anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran. Tim ini sempat bertemu Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk membahas penganggaran program yang digagas Prabowo Subianto.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menepis pembentukan tim transisi menjelang masa pemerintahannya. Prabowo memilih untuk membentuk tim asistensi dan sinkronisasi menjelang pelantikannya pada Oktober 2024.

“Tidak ada tim transisi, yang ada tim asistensi dan ada juga kami bentuk tim sinkronisasi,” ujar Prabowo pada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/6).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...