Pratikno Sebut 2 Wamenkeu Punya Tugas Beda: Kawal APBN 2024 dan 2025

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Juli 2024, 18:01
wamenkeu, thomas djiwandono, suahasil nazara
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Thomas Djiwandono usai dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Button AI Summarize

Menteri Sekretaris Negara Praktikno menjelaskan alasan Presiden Joko Widodo menyiapkan dua Wakil Menteri Keuangan dalam masa transisi ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Praktikno mengatakan, Wakil Menteri Keuangan I Suahasil Nazara akan mengawal pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2024 sampai masa habis jabatan Presiden Jokowi pada 20 Oktober mendatang.

Sementara tugas Wakil Menteri Keuangan II Thomas (Tommy) Djiwandono lebih pada mengawal sekaligus mengawasi penyiapan APBN 2025.  "Jadi ini bagian dari kebelanjutan, dan ini didiskusikan dengan presiden terpilih," kata Pratikno sesuai agenda pelantikan pejabat negara di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (18/7).

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara (Kemenko Perekonomian)

Pratikno mengatakan adanya dua wakil menteri di suatu kementerian bukan hal janggal. Menurutnya, hal serupa juga pernah terjadi di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Saat itu, Pahala Nugraha Mansury menjabat sebagai Wamen BUMN I dan Kartika Wirjoatmodjo (Tiko) menduduki posisi Wamen BUMN II. "Jadi ini bukan sesuatu yang baru. Bukan hanya di Kementerian Keuangan," ujar Pratikno.

Bendahara Umum Partai Gerindra Thomas Djiwandono telah dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan II oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (18/7).

Sesuai pelantikan, keponakan Prabowo Subianto itu mengatakan dirinya diberi mandat untuk mengawal alokasi anggaran pendapatan belanja negara (APBN) 2025 selama masa transisi pemerintahan Jokowi ke Prabowo.

"Supaya hal yang menyangkut anggaran, terutama 2025 itu selaras dengan apa yang sudah dicetuskan oleh pemerintah sekarang dan program presiden terpilih ke depan," ujar Tommy.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...