PWNU Jakarta Pecat 4 Pengurus Terkait Hubungan dengan Israel

Amelia Yesidora
19 Juli 2024, 12:58
israel, pbnu, nu
Instagram/Zenmaarif
Lima aktivis NU bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog. Foto: Instagram/Zenmaarif
Button AI Summarize

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta, KH Samsul Maarif, memberhentikan empat orang pengurus Lembaga Bahtsul Masail atau LBM NU DKI Jakarta.

Pemecatan ini terkait dengan pertemuan mereka dengan Presiden Israel Isaac Herzog dan keterlibatan dalam organisasi Pusat Studi Warisan Ibrahim untuk Perdamaian atau Rahim.

“Empat orang ini diberhentikan dari kepengurusan LBM PWNU DKI Jakarta. Saya kira itu saya menyampaikan hasil rapat antara jajaran syuriyah dan Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta," kata Samsul dilansir dari laman resmi PWNU Jakarta, Jumat (19/7).

Nahdliyin yang diberhentikan ini adalah Zainul Maarif yang bertemu Herzog dua minggu lalu. Kemudian, tiga orang lagi yakni Mukti Ali, Roland Gunawan, dan Sapri Saleh. Mereka dianggap terlibat dalam organisasi Rahim yang berkaitan dan berkomunikasi dengan pihak Israel.

Meski empat orang ini diberhentikan, Kiai Samsul bilang mereka masih menjadi bagian warga NU Jakarta. Oleh karena itu, mereka masih berhak mengikuti kegiatan terkait NU.

“Tapi mereka sudah bukan bagian pengurus LBM PWNU DKI Jakarta,” katanya.

 Sebelumnya, Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf sudah bilang bahwa ia menyerahkan status kepengurusan pada ketua organisasi yang menaungi lima Nahdliyin tersebut.

“Ini akan dilakukan proses, termasuk Unusia yang akan melakukan sidang etik untuk itu, begitu juga Pagar Nusa dan Fatayat NU," kata Gus Yahya di Gedung PBNU, Jakarta, Selasa (16/7).

Ia juga meminta maaf terkait lima orang Nahdliyin yang bertemu Presiden Israel Isaac Herzog. Ia bisa paham atas kekecewaan masyarakat di tengah kondisi geopolitik internasional.

"Saya mohon maaf kepada masyarakat luas seluruhnya bahwa ada beberapa orang dari kalangan Nahdlatul Ulama yang tempo hari pergi ke Israel melakukan engagement di sana,” 

Adapun kelima Nahdliyin yang bertemu Isaac Herzog antara lain:

  1. Sukron Makmun (Wakil Ketua PWNU Banten)
  2. Zainul Maarif (dosen Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Pengurus LBM PWNU DKI Jakarta),
  3. Munawir Aziz (Sekum PP Pagar Nusa)
  4. Nurul Bahrul Ulum (Wakil Koordinator Bidang Media Informasi, Penelitian, dan Pengembangan PP Fatayat NU)
  5. Izza Annafisah Dania (Wakil Koordinator Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup PP Fatayat NU).

 

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...