Nasdem Resmi Usung Anies, Tutup Kans Dukung Kaesang di Pilgub Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
22 Juli 2024, 20:55
anies, nasdem, jakarta
Instagram/Anies Baswedan
Partai Nasdem resmi mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. Foto: Instagram/Anies Baswedan
Button AI Summarize

Partai Nasdem resmi mendukung Anies Baswedan menjadi calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Keputusan ini merupakan hasil rapat yang dipimpin Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

"Langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon Gubernur Jakarta," kata Sekretaris Jenderal Nasdem Hermawi Taslim di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (22/7) dikutip dari Antara.

Dalam rapat, Nasdem mengerucutkan calon gubernur yang akan diusung menjadi tiga nama. Hasilnya, muncul nama Anies, Ahmad Sahroni, dan Wibi Andrino. "Stok kami tiga nama itu," katanya.

Hermawi mengatakan pihaknya memberikan Anies kebebasan untuk menentukan calon wakil gubernur. Syaratnya, cawagub tak berasal dari Partai Nasdem.

Setelah itu, Anies harus mendeklarasikan diri untuk maju paling lambat pada 22 Agustus 2024. "Bisa lebih cepat kalau Pak Anies menyelesaikan PR-nya," kata Hermawi.

Dalam kesempatan yang sama, Hermawi menutup kemungkinan Anies berduet dengan ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep. Menurutnya, baik Anies maupun putra bungsu Presiden Joko Widodo itu memiliki arah berbeda.

Salah satu faktornya, penerimaan Anies cukup besar di Jakarta, sedangkan Kaesang kuat di Jawa Tengah. "Mungkin belum jodoh, kita tunggu saja episode berikutnya," kata Hermawi.

Sedangkan Anies berharap ada partai lain yang memberikan dukungan kepada dirinya. Sebelum Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah resmi mengumumkan dukungan kepada mantan Gubernur Jakarta itu.

"Nasdem sudah melakukan pembicaraan dengan partai lain, harapannya bisa kami perluas lagi," katanya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...