Gerindra Usung Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng, Potensi Duet dengan Kaesang

Ade Rosman
22 Juli 2024, 23:39
Gerindra
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan sambutan saat peluncuran platfrom digital di depan gedung Fanta Headquarters Prabowo-Gibran, Menteng, Jakarta, Kamis (14/12/2023).
Button AI Summarize

Partai Gerindra mengusung Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi di pemilihan gubernur (Pilgub) Pilgub Jawa Tengah. Kepastian itu disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani berbarengan dengan pengumuman sejumlah kandidat di daerah lainnya yang akan diusung pada Pilkada serentak 2024.

"Jawa Tengah, yang Pak Prabowo putuskan adalah Irjen Polisi Ahmad Luthfi menjadi calon gubernur Jawa Tengah," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

Muzani menyebut, partainya juga melirik putra presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep sebagai pendamping Luthfi nantinya. Meski begitu ia mengatakan belum ada keputusan resmi dari Gerindra. 

Muzani mengatakan, Kaesang dilirik Partai Gerindra lantaran namanya yang cukup mencolok berdasarkan hasil survei elektabilitas yang digelar sejumlah lembaga. Nama Kaesang masuk dalam lima besar kandidat yang banyak dipilih. 

Di sisi lain, Kaesang yang merupakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia itu mengaku belum memutuskan untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah atau Jakarta pada pilkada serentak mendatang. Meski begitu ia mengatakan sangat mencermati hasil survei. 

"Survei saya di DKI kan kecil. Terakhir Litbang Kompas di angka satu. Alhamdulillah, di Jateng dengan tidak ada foto, tidak ada baliho, tidak ada 'billboard', Alhamdulillah nomor satu di Jateng," katanya, di Semarang, Sabtu (20/7).

Meski begitu Kaesang meminta untuk menunggu kabar selanjutnya pada Agustus seiring dengan tahapan pilkada. Merujuk ketentuan KPU masa pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung partai untuk berlaga di pilkada akan dibuka pada akhir Agustus 2024. Adapun Pilkada akan digelar pada 27 November 2024. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...