Makan Bergizi Gratis Diuji Coba di Solo, Fadli Zon: Gerakkan Ekonomi Lokal

Ade Rosman
25 Juli 2024, 16:50
Makan bergizi gratis
ANTARA FOTO/Maulana Surya/rwa.
Siswa membuka tutup kemasan makanan bergizi gratis saat simulasi program makan siang gratis di SD Negeri Tugu, Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/7/2024).
Button AI Summarize

Pemerintah melanjutkan uji coba pelaksanaan makan bergizi gratis. Uji coba terbaru dilakukan di sejumlah sekolah di Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (25/7). Salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai lokasi uji coba, yakni SDN Jagalan Solo.

Kepala SDN Jagalan Yuni Rahayu Utami mengatakan sebanyak 160 siswa mulai dari kelas satu hingga enam yang diberikan makanan bergizi gratis. Ada dua jenis makanan yang dibagikan kepada siswa. 

Pilihan menu pertama terdiri dari nasi, sayur sawi, daging ayam, tempe goreng, kerupuk, buah, dan susu UHT. Sedangkan menu kedua, yakni nasi, sayur brokoli, ayam katsu dilengkapi dengan saus mayones, irisan telur dadar, selada, dan buah.

Yuni berharap program makan bergizi bisa mendorong murid sekolah lebih suka makan sayuran. "Mereka mau makanan dengan nutrisi yang lebih lengkap. Dengan begitu, akan lebih sehat untuk anak-anak, sehingga lebih berdampak pada kecerdasan mereka," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan ada tiga sekolah yang ditunjuk sebagai lokasi uji coba makan bergizi gratis, yakni SDN Tugu, SDN Sabranglor, dan SDN Jagalan. Ia mengatakan kegiatan terselenggara menggunakan anggaran dari CSR pihak swasta. Meski demikian, ia tidak mengetahui perusahaan mana saja yang terlibat memberikan CSR pada program tersebut.

Menurut Teguh, uji coba makan bergizi gratis tersebut akan dilakukan sebanyak dua sesi. Untuk sesi pertama akan dilakukan selama dua minggu, yakni dari tanggal 25 Juli-9 Agustus 2024.

Sedangkan sesi kedua akan berbeda sekolah. Namun, ia belum dapat memastikan mana saja sekolah yang akan ditunjuk sebagai lokasi uji coba makan bergizi gratis sesi kedua, termasuk waktu pelaksanaannya. Ia mengatakan uji coba ini akan menyasar ke seluruh siswa sekolah yang ditunjuk.

Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan program makan bergizi gratis akan berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. Menurut Fadli program unggulan presiden dan wakil presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu akan menopang ekonomi masyarakat dengan berbagai aspek.

"Selain ini akan memberikan gizi yang cukup bagi anak-anak kita yang di sekolah, juga akan menggerakkan ekonomi lokal, ekonomi pertanian, ekonomi nelayan, dan ini juga akan meningkatkan kesempatan kerja, akan meningkatkan juga pertumbuhan ekonomi," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7).

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI itu menyatakan nantinya program makan bergizi gratis akan memanfaatkan sumber pangan dari petani dalam negeri. Program ini diyakini bisa menyerap produk lokal petani seperti padi, beras, karbohidrat, dan protein. 

Selain itu Fadli berharap program makan bergizi gratis akan memberikan banyak manfaat. "Multilayer efeknya cukup banyak dari makan bergizi gratis ini," katanya.


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...