Jokowi Panggil Menteri ESDM Arifin Tasrif di Tengah Kabar Reshuffle Kabinet

Muhamad Fajar Riyandanu
31 Juli 2024, 12:57
Arifin Tasrif Jokowi
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nym.
Menteri ESDM Arifin Tasrif
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pada Rabu (31/7). Ia datang memenuhi panggilan Jokowi untuk mengikuti rapat terbatas (ratas). 

Kehadiran Arifin ke Istana kali ini turut mengundang perhatian lantaran namanya tengah diperbincangkan dalam kabar perombakan atau reshuffle kabinet. Ia disebut akan diganti oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. 

Arifin tiba di Istana sekira pukul 10.45. Dia hadir seorang diri tanpa didampingo oleh ajudan. Ia juga terpantau menggenggam sebuah map yang di bawa masuk ke dalam gedung istana lewat gerbang 'pilar' yang menghadap ke Jalan Veteran, Jakarta.

Ratas soal ketahanan energi nasional itu juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Wakil Menteri BUMN Wirjoatmodjo. Selain itu, terpantau menyusul masuk ke Istana Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

Arifin enggan berkomentar lebih jauh ihwal ratas ketahanan energi nasional kali ini. “Kan sudah tahu sendiri,” kata Arifin saat ditemui sebelum memasuki Istana.

Sebelumnya, beredar kabar Bahlil akan menggantikan Arifin sebagai Menteri ESDM. Bahlil bahkan dikabarkan telah memberikan sinyal dirinya akan berpindah dalam konferensi pers realisasi investasi semester pertama pada Senin (29/7).

Bahlil mengatakan pernyataan pers soal realisasi investasi itu adalah yang terakhir disampaikannya selama menjabat. Dia beralasan, data realisasi investasi kuartal III 2024 baru akan rampung pada akhir Oktober 2024.

Bahlil juga belum tahu apakah dirinya akan bergabung dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. "Jadi, ini konferensi pers saya yang terakhir karena data realisasi investasi kuartal ketiga tahun ini tidak bisa dipercepat pengolahannya," kata Bahlil di kantornya, Senin (29/7).

Istana Kepresidenan membantah kabar bahwa Presiden Jokowi akan merombak kabinet untuk mengangkat Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, menggantikan Arifin Tasrif dalam waktu dekat.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Jokowi belum mengagendakan rencana untuk melakukan perombakan atau reshuffle kabinet dalam waktu dekat ini. "Tidak betul, sampai saat ini belum ada rencana maupun agenda reshuffle kabinet," kata Ari lewat pesan singkat WhatsApp pada Selasa (30/7).

Hal serupa juga dikatakan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana. Dia mengaku belum mengetahui informasi ihwal agenda reshuffle kabinet. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...