Seleksi Calon Pimpinan KPK, 4 Orang Langsung Gugur di Hari Tes Tertulis

Ira Guslina Sufa
31 Juli 2024, 16:52
KPK
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/Spt.
Mantan Menteri ESDM Sudirman Said memberikan keterangan kepada wartawan usai mengikuti tes tertulis untuk Calon pimpinan (Capim) KPK periode 2024–2029 di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (31/7/2024).
Button AI Summarize

Panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan dan dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi melanjutkan proses penjaringan. Anggota Pansel Y. Ambeg Paramarta mengatakan sebanyak 142 peserta hadir dalam tes tertulis pimpinan KPK dan dewas masa jabatan 2024–2029. 

Menurut Ambeg empat orang yang tidak hadir dipastikan langsung gugur. Ia menjelaskan dari 142 peserta yang hadir sebanyak 126 orang di antaranya merupakan laki-laki dan 16 orang lainnya adalah perempuan. 

Ia tidak menjelaskan nama-nama peserta yang tidak hadir tersebut. Adapun empat orang yang tidak hadir seluruhnya laki-laki.

“Tentang alasannya, itu tidak disampaikan. Mereka tidak datang saja,” ujar Ambeg.

Tes tertulis berisikan tujuh pertanyaan yang terdiri dari empat pertanyaan wajib dan tiga pertanyaan pilihan. Dari tiga pertanyaan pilihan, peserta hanya diwajibkan mengerjakan dua soal.

Tes tertulis calon dewan pengawas KPK dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sebelumnya, pada pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB terlebih dahulu dilangsungkan tes tertulis calon pimpinan KPK.

Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan pada Agustus 2024 melalui website Kementerian Sekretariat Negara dan website KPK. Lebih lanjut, pansel mengharapkan tanggapan dari masyarakat terkait nama peserta seleksi baik calon dewan pengawas maupun calon pimpinan KPK. 

Tanggapan masyarakat dapat disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi hingga 24 Agustus 2024 melalui laman Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL). 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...