BMKG: Waspada Potensi Hujan Deras dan Angin Kencang Hari Ini

Desy Setyowati
8 Agustus 2024, 06:51
bmkg, hujan deras disertai angin kencang,
ANTARA FOTO/Andri Saputra/hp..
Sejumlah warga berenang di Pantai Falajawa yang diselimuti awan tebal di perairan Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu (14/6/2023).
Button AI Summarize

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika meminta semua pihak di sebagian besar daerah di Indonesia mewaspadai potensi hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (8/8).

Potensi hujan deras diprakirakan terjadi di:

  • Bangka Belitung (Kabupaten Bangka Selatan dan Bangka Tengah
  • Gorontalo (Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Gorontalo Utara, Gorontalo)
  • Kalimantan Selatan (Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu)
  • Kalimantan Tengah (Barito Timur, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Timur, Murung Raya, Seruyan, Sukamara)
  • Kalimantan Timur (Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kota Samarinda)
  • Kalimantan Utara (Bulungan, Malinau, Tana Tidung, Kota Tarakan)
  • Provinsi Maluku Utara (Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Tidore Kepulauan)
  • Papua, Provinsi Riau (Kampar), Provinsi Sulawesi Barat (Pasangkayu, Mamuju Tengah)
  • Sulawesi Selatan (Enrekang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Pinrang, Tana Toraja, Kota Palopo)
  • Provinsi Sulawesi Tengah (Parigi Moutong, Banggai, Donggala)
  • Sumatera Barat (Agam, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat)
  • Sumatera Utara (Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Kota Tanjung Balai)

Peringatan dini dampak angin kencang dan petir juga berpotensi menyasar Kabupaten Sambas, Barito Timur hingga Bangka Selatan dengan suhu 26-28 derajat Celcius.

Hujan ringan diprakirakan melanda Kota Pekanbaru, Padang, Medan, Denpasar, Mataram, Palangka Raya, Tanjung Selor, Mamuju, Makassar, Kendari, Palu, Ambon, Nabire, Sorong, Manokwari, Jayapura, Jayawijaya 9 -17 Celcius.

Sementara itu, daerah yang diprediksi mengalami cuaca berawan tebal yakni di Kota Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, Palembang, Lampung, Tanjung Pinang, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Kupang, Samarinda, Banjarmasin, Manado, Gorontalo, Merauke, Ternate, Surabaya dengan suhu 23-33 Celcius.

Untuk DKI Jakarta, sebagian besar cerah berawan pada pagi hingga dini hari, dengan kelembaban 74-86% dan bersuhu 24-32 derajat Celcius. Rinciannya sebagai berikut:

  • Pagi: seluruh wilayah DKI Jakarta diprediksi akan berawan tebal, dengan suhu rata-rata diperkirakan 27 hingga 29 derajat Celcius
  • Siang: sebagian wilayah DKI Jakarta masih akan berawan tebal, kecuali Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur yang akan berawan. Suhu rata-rata yaitu 27 hingga 34 derajat Celcius.
  • Sore: sebagian wilayah DKI Jakarta akan hujan ringan yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Jakarta Pusat dan Jakarta Utara akan cerah berawan, serta Kepulauan Seribu berawan. Suhu rata-rata yaitu 28 hingga 30 derajat Celcius.
  • Malam: sebagian wilayah Jakarta akan cerah, kecuali Jakarta Barat yang masih hujan ringan dan Kepulauan Seribu yang akan cerah berawan. Suhu rata-rata berkisar 25 hingga 28 derajat Celcius.
Sementara itu, pada Jumat (9/8) dini hari sebagian wilayah Jakarta akan mengalami berawan tebal, kecuali Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu yang akan berawan. Untuk suhu rata-rata 24 - 28 derajat Celcius.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa peningkatan potensi hujan terjadi, karena saat ini beberapa wilayah Indonesia mulai kembali pada fenomena iklim La Nina yang diprakirakan berlangsung pada Agustus.

Fenomena La Nina yakni banyaknya uap air yang masuk ke wilayah Indonesia, sehingga mengakibatkan pertumbuhan awan-awan hujan yang akhirnya dapat meningkatkan potensi terjadi hujan.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...