Atlet Angkat Besi Rizki Juniansyah Bawa RI Raih Emas Kedua di Olimpiade 2024

Ameidyo Daud Nasution
9 Agustus 2024, 07:11
olimpiade, angkat besi, rizki juniansyah
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/app/wpa.
Lifter Indonesia Rizki Juniansyah menangis usai melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 73 kg putra Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024).
Button AI Summarize

Indonesia mendapatkan medali emas kedua pada Olimpiade Paris 2024. Atlet angkat besi Rizki Juniansyah meraih emas pada pertandingan angkat besi kelas 75 kg putra.

Rizki meraih emas usai menyelesaikan total angkatan seberat 354 kg yang terdiri dari snatch 155 kg serta clean & jerk 199 kg. Dengan hasil ini, Indonesia berhasil meraih 2 medali emas, menyamai torehan Olimpiade 1992 di Barcelona.

Pada pertandingan yang digelar di South Paris Arena 6, Prancis, Kamis (8/8), waktu setempat, Rizki tak mengawali pertandingan dengan mudah. Ia sempat gagal pada angkatan snatch pertamanya yakni 155 kg.

Rizki berhasil pada percobaan keduanya, serta gagal saat menambah beban jadi 162 kg pada angkatan ketiga. Sedangkan pesaingnya, Shi Ziyong berhasil menyesaikan snatch dengan 168 kg.

Kondisi berubah pada clean & jerk. Rizki berhasil memecahkan rekor clean & jerk olimpiade dengan angkatan 199 kg. Sedangkan, Shi gagal dalam tiga percobaannya.

Dengan hasil ini berarti, Rizki berhasil menyusul atlet panjat tebing Veddriq Leonardo yang mendapatkan emas pada pertandingan hari yang sama. Veddriq berhasil memanjat dengan capaian waktu 4,75 detik di final, unggul tipis atas Wu Peng asal Cina yang mencatatkan waktu 4,77 detik.

Secara total, Indonesia telah mendapatkan tiga medali di Olimpiade Paris 2024. Dua merupakan emas yang diraih Rizki dan Veddriq, sedangkan satu perunggu didapatkan atlet bulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung. 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...