SBY Tak Hadiri Upacara HUT RI di IKN, Rayakan 17 Agustus di Pacitan

Muhamad Fajar Riyandanu
12 Agustus 2024, 13:33
sby, ahy, ikn, hut ri
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww.
Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) menyaksikan pertandingan Jakarta Lavani Allo Bank Electric melawan Jakarta STIN BIN dalam Proliga 2024 Seri Ketiga Putaran Kedua di GOR Ken Arok Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/6/2024).
Button AI Summarize

Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tidak akan mengikuti rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada Sabtu (17/8).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan bahwa ayahnya akan melaksanakan peringatan hari proklamasi di Pacitan, Jawa Timur.

"Beliau sudah ada kegiatan yang direncanakan sejak jauh hari. Upacaranya di Pacitan, di kampung halaman," kata AHY kepada wartawan disela-sela sidang kabinet paripurna di Istana Garuda, Kompleks Istana Kepresidenan IKN pada Senin (12/8).

Sebelumnya, Istana Kepresidenan berencana mengundang mantan presiden dan wakil presiden untuk ikut serta dalam upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno berniat untuk mengundang SBY dan Megawati Soekarnoputri untuk ikut mengikuti rangkaian upacara peringatan upacara kemerdekaan di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara IKN Nusantara.

Sementara para mantan wakil presiden seperti Try Sutrisno, Jusuf Kalla, dan Boediono akan diundang untuk upacara peringatan HUT RI di Jakarta. Mereka akan menggelar upacara bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka di Istana Merdeka Jakarta.

Meski begitu, Praktikno mengatakan undangan yang ditujukan kepada mantan presiden untuk mengikuti upacara kemerdekaan di IKN bersifat terbuka. Artinya para mantan presiden diperkenankan untuk menghadiri rangkaian upacara 17 Agustus di Jakarta apabila para undangan tidak dapat berkunjung ke IKN.

"Tentu saja kalau ada hal-hal yang menyulitkan, kami juga terbuka kalau beliau-beliau tidak hadir di IKN, tapi hadir di Jakarta," kata Pratikno seusai konferensi pers bulan kemerdekaan di Gedung Utama Kemensesneg Jakarta pada Kamis (1/8).

Jokowi mengatakan perayaan upacara di IKN dan Jakarta bertujuan untuk memperlihatkan masa transisi ibu kota dari Jakarta menuju Nusantara. Dia mengatakan pengaturan upacara HUT Kemerdekaan di IKN tidak mudah, mengingat perlu adanya persiapan lebih awal.

"Ini kan masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan," kata Joko kepada wartawan seusai meninjau Posyandu Taman Sawo, Jakarta Selatan pada Selasa (11/6).

Dia berharap, rangkaian upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia akan dapat terus terlaksana di IKN seterusnya mulai tahun depan. Harapan itu mencuat seiring niat Jokowi untuk menerbitkan Keputusan Presiden mengenai perpindahan ibu kota dari Jakarta menuju IKN Nusantara.

"Jadi tahun ini di Jakarta tetap dilakukan, di IKN tetap dilakukan. Nanti tahun depan jika sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan, baru nanti upacara di IKN saja," ujarnya.

Pada 17 Agustus mendatang, Joko Widodo akan memimpin upacara di IKN untuk terakhir kalinya sebagai presiden. Dia mengatakan bakal mengundang seluruh mantan presiden Indonesia yang masih hidup untuk dapat mengikuti upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN. "Semuanya diundang ke IKN," kata Jokowi.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...