Golkar Gelar Munas dan Rapimnas pada 20 Agustus, Pilih Ketua Umum Definitif

Ade Rosman
13 Agustus 2024, 22:13
golkar, agus gumiwang, munas
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar terpilih Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai rapat pleno di Jakarta, Selasa (13/8/2024).
Button AI Summarize

Agus Gumiwang Kartasasmita telah resmi menjadi Pelaksana tugas atau Plt Ketua Umum Partai Golkar pada rapat pleno hari ini. Dalam kesempatan tersebut, Agus mengatakan Golkar akan menggelar Musyawarah Nasional atau Munas dan Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas pada 20 Agustus 2024.

Dalam agenda tersebut, partai berlambang beringin itu akan memilih ketua umum definitifnya untuk menggantikan Airlangga Hartarto. Dua agenda tersebut akan digelar di Jakarta.

"Tanggal 20 Agustus pembukaan Rapimnas pada pagi hari, malam harinya kami rencanakan agenda pembukaan Munas ke-11 Golkar," kata Agus dalam konferensi pers di DPP Golkar, Jakarta, Selasa (13/8).

Dalam kesempatan tersebut, Agus mengatakan dirinya tak akan maju sebagai salah satu kandidat Ketua Umum Definitif Partai Golkar.Agus mengatakan penunjukan dirinya menjadi Plt Ketua Umum partai beringin diperlukan segera untuk menghadapi situasi ke depan.

"Dalam menghadapi agenda-agenda kenegaraan yang dalam waktu dekat ini kami butuhkan ketua umum definitif," kata Agus yang juga Menteri Perindustrian itu.

Agus menjelaskan Partai Golkar merupakan partai politik yang dewasa dalam menyikapi segala permasalahan yang ada. Ia menegaskan, sebagai Plt Ketua Umum, Agus bertugas mengantarkan partai beringin menuju Rapimnas dan Munas ke-11.

"Dalam keadaan apapun, tetap menjaga soliditas di antara kader internal Partai Golkar," kata Agus.

Agus juga enggan memberikan bocoran nama-nama yang akan maju dalam Munas. Ia menjelaskan, musyawarah tersebut dipercepat karena ada agenda-agenda besar yang menunggu.

"Dalam menghadapi agenda-agenda kenegaraan dalam waktu dekat ini, kami membutuhkan ketua umum definitif," katanya.


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...