Bamsoet Ajak Bicara Bahlil dan Agus Gumiwang Soal Calon Ketua Umum Golkar

Ade Rosman
15 Agustus 2024, 15:53
golkar, bamsoet, bahlil, agus gumiwang
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Dua Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) dan Bambang Soesatyo (kiri) berbincang di sela rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024).
Button AI Summarize

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo alias Bamsoet akan berkomunikasi dengan Agus Gumiwang serta Bahlil untuk bersepakat maju sebagai calon Ketua Umum partai tersebut. 

Bamsoet mengatakan di masa lalu, mereka pernah sepakat untuk maju bersama-sama sebagai calon Ketum Golkar. Namun saat ini ia perlu membicarakan lagi rencana tersebut dengan dua koleganya itu.

"Kami akan bertemu lagi untuk memutuskan siapa di antara kami yang akan maju," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Pucuk pimpinan partai beringin akan ditentukan lewat forum Musyawarah Nasional yang digar pada 20-21 Agustus 2024. Saat ini, Agus Gumiwang menjabat sebagai Pelaksana tugas Ketua Umum Partai Golkar.

Agus disetujui menjadi Plt Ketua Umum melalui forum rapat pleno di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, pada Selasa (13/8). Dalam rapat pleno itu, disepakati pula Munas dan Rapimnas Golkar akan digelar pada 20 Agustus 2024.

Agus sebelumnya mengatakan dirinya tak akan maju sebagai salah satu kandidat Ketua Umum Definitif Partai Golkar. Dua mengatakan penunjukan dirinya menjadi Plt Ketua Umum partai beringin diperlukan segera untuk menghadapi situasi ke depan.

"Dalam menghadapi agenda-agenda kenegaraan yang dalam waktu dekat ini kami butuhkan ketua umum definitif," katanya dalam konferensi pers di DPP Golkar, Jakarta, Selasa (13/8).

Sedangkan Bahlil juga telah merespons namanya yang masuk bursa calon Ketua Umum Golkar. Ia mengatakan kepastian soal maju atau tidaknya dia bisa dilihat saat Musyawarah Nasional (Munas) tanggal 20 Agustus mendatang.

"Saya belum mengikuti langsung apa dinamika di DPP. Nanti saat Munas kita lihat perkembangannya," katanya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8) dikutip dari Antara.


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...