Jokowi Pakai Baju Betawi, Bahlil Pakai Dasi Kuning di Sidang Tahunan MPR

Amelia Yesidora
16 Agustus 2024, 09:55
jokowi, baju adat betawi
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/sgd/tom.
Presiden Joko Widodo dengan mengenakan baju adat Betawi tiba untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR dan DPD tahun 2024 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo menggunakan baju adat Betawi pada Sidang Tahunan MPR terakhir di masa kepemimpinannya pada Jumat (16/8). Sejumlah pemimpin negara lainnya juga tampak menggunakan pakaian adat saat menghadiri sidang tahunan. 

Jokowi hadir sekira pukul 08.58 WIB . Ia terlihat menggunakan beskap dan celana hitam dihiasi kain bernuansa emas hitam. Sementara itu, Ibu Negara Iriana memakai kebaya terusan coklat muda, dilengkapi songket dan kain berwarna senada.

Mereka disambut oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua DPD Lanyalla Mattalitti. Para petinggi kemudian menyalami presiden dan ibu negara.

Sementara itu, Wakil Presiden Maruf Amin yang tiba lebih dulu memakai pakaian adat Palembang berupa beskap hitam dan celana kain hitam. Maruf menyampirkan songket berwarna ungu dan emas dan mengenakan aksesori kepala bernama Tanjak dengan warna senada.

Istrinya, Wurry Maruf Amin,menggunakan kebaya Betawi berwarna hijau motif bunga-bunga dipadu kerudung warna senada dan selendang putih dengan kain berwarna ungu dan hijau.

Tak hanya presiden dan wakil presiden, Ketua DPR Puan Maharani juga menggunakan pakaian adat. Ia memakai kebaya kutu baru berwarna emas rancangan Didiet Maulana. Puan juga mengenakan selendang sutra berwarna emas muda dan aksesori bros kupu-kupu di bagian panel tengah kebaya. Kebaya ini dilengkapi dengan kain batik tulis motif sulur dan buketan. Ada juga aksen motif kawung pada bagian pinggir kain. 

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga terlihat mengenakan pakaian yang unik. Meski mengenakan setelan jas dan celana kain hitam biasa, dasi Bahlil berwarna kuning.

Warna dasi ini menjadi unik karena kader Golkar ini diisukan menjadi salah satu kandidat kuat calon Ketua Umum Partai Golkar.  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebelumnya mengundurkan diri pada Minggu (11/8). Kursi kepemimpinan Golkar saat ini dipegang oelh Agus Gumiwang Kartasasmita dan akan berganti pada Selasa (30/8).

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...