Jokowi Pimpin Apel Kehormatan di IKN Malam Ini, Ma'ruf Amin di Jakarta

Muhamad Fajar Riyandanu
16 Agustus 2024, 22:19
Jokowi, ma'ruf amin
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Ibu Negara Iriana telah tiba di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Jumat malam (16/8).

Jokowi akan memimpin apel kehormatan dan renungan suci alias AKRS yang digelar di Taman Kusuma Bangsa tengah malam pukul 00.00 WITA.

"Nanti malam, presiden bersama panglima TNI, Kapolri dan menteri terkait akan melakukan kegiatan renungan suci Taman Kusuma Bangsa," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam siaran pers pada Jumat (16/8).

Jokowi akan menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia yang pertama kali digelar di Istana Negara IKN.

Dalam penerbangan menuju IKN, Jokowi didampingi oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

Taman Kusuma Bangsa baru diresmikan oleh Jokowi pada Senin (12/8). Peresmian ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang bangsa.

Jokowi menekankan pentingnya memberikan penghormatan kepada para pahlawan dan pendiri bangsa, utamanya Bung Karno dan Bung Hatta.

Taman Kusuma Bangsa didirikan sebagai solusi sementara sebelum adanya makam pahlawan di IKN. Taman Kusuma Bangsa juga menjadi bagian integral dari kawasan beranda Nusantara, yang dilengkapi dengan sayap pelindung Nusantara dan tiang bendera.

Tiang bendera setinggi 79 meter tersebut mencetak rekor MURI sebagai tiang bendera tertinggi di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Presiden atau Wapres Ma’ruf Amin akan melaksanakan kegiatan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makan Pahlawan alias TMP Kalibata Jakarta pada 17 Agustus dini hari. Ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dipastikan mengikuti rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Garuda IKN Nusantara.

Sementara itu, Ma'ruf Amin dan Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengikuti seluruh rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...