Profil Angga Raka, Sekretaris Pribadi Prabowo Ditunjuk Jokowi jadi Wamenkominfo

Ira Guslina Sufa
19 Agustus 2024, 09:31
Prabowo
Katadata / amelia yesidora
Menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo  melantik pejabat baru di Kabinet Indonesia Maju pada Senin (19/8). Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, menyebutkan salah satu yang dilantik adalah Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo). 

“Angga Raka Prabowo," kata Budi Arie melalui pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, saat ditanya siapa sosok yang dilantik sebagai Wamenkominfo. 

Menurut Budi Arie, tugas Kementerian Kominfo saat ini sangat berat. Penunjukan Angga Raka sebagai Wamenkominfo diharapkan dapat menuntaskan tugas Kominfo dengan cepat.

Beberapa hal yang menurut Budi perlu dituntaskan dalam waktu singkat, yaitu aturan turunan dan kelembagaan untuk pelaksanaan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi. Selain itu juga berkaitan dengan percepatan pemberantasan judi online/daring, perbaikan arsitektur dan tata kelola data nasional serta pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk pelayanan publik.

Pelantikan Angga Raka akan dilakukan bersama tiga posisi menteri dan tiga kepala badan. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan menteri dan kepala badan yang akan dilantik Jokowi adalah Menteri Hukum dan HAM, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Investasi, dan Wakil Menteri Kominfo. Juga ada tiga kepala badan yaitu  Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

Ari mengatakan pengangkatan menteri, wakil menteri dan kepala badan diperlukan sudah direncanakan dengan baik oleh Presiden. “Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif,” ujar Ari.  

Dalam reshuflle kali ini Jokowi mengganti menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Yasonna Laoly dengan  Supratman Andi Atgas yang merupakan politikus Gerindra. Jokowi juga mengganti ⁠Menteri ESDM Arifin Tasrif dengan Bahlil Lahadalia. Adapun posisi Bahlil yang sebelumnya ⁠Kepala BKPM/ Menteri Investasi digantikan oleh Rosan Roeslani.

Selanjutnya juga ada penambahan posisi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika yaitu Angga Raka Prabowo.  Tiga pejabat Badan yang akan dilantik adalah Dadan Hindayana menjadi Kepala Badan Gizi, Hasan Nasbi menjadi Kepala Badan Komunikasi Kepresidenan, dan ⁠Taruna Ikrar menjadi Kepala BPOM. 

Profil Angga Raka Prabowo 

Angga Raka Prabowo adalah seorang politikus yang telah meniti karier di Partai Gerindra. Pada Pemilu 2024, ia diberi amanah sebagai Ketua Bidang Komunikasi atau Direktur Media Kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Angga Raka mulai bergabung dengan Partai Gerindra pada tahun 2008. Saat itu, ia berkesempatan bertemu dengan Prabowo Subianto, sosok yang sangat dihormatinya. Nama Prabowo bahkan menjadi bagian dari nama lengkapnya karena ibunya adalah seorang pendukung setia Prabowo.

Karier Angga Raka dalam tim media Prabowo dimulai pada tahun 2012. Pada tahun 2014, ia dipercaya menjadi sekretaris pribadi Prabowo Subianto, sebuah posisi yang diembannya hingga tahun 2017. Hingga kini, Angga Raka masih terus dipercaya untuk mengelola media partai, menunjukkan dedikasinya yang kuat terhadap Partai Gerindra.

Kedekatan Angga Raka dengan Prabowo salah satunya terlihat saat kampanye pilpres di Bengkulu. Saat itu Prabowo memamerkan ajudan dan sekretarisnya yang masih muda kepada peserta kampanye yang hadir. Angga Raka saat itu terlihat tersenyum. 

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...