Canda Agus Gumiwang soal Bahlil Jadi Ketua Umum Golkar

Amelia Yesidora
19 Agustus 2024, 15:46
Pejabat baru Menteri ESDM Bahlil Lahadalia (kiri) mendapat ucapan selamat dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang seusai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Pejabat baru Menteri ESDM Bahlil Lahadalia (kiri) mendapat ucapan selamat dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang seusai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).
Button AI Summarize

Bahlil Lahadalia bakal mendaftar menjadi calon ketua umum Partai Golkar malam ini. Bahlil menjadi calon tunggal untuk menggentikan mantan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Nanti malam, ambil formulir, mendaftar dong bukan cuma ambil formulir," kata Bahlil di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8).

Pria yang baru dilantik menjadi Menteri ESDM ini sendiri masih belum mau membahas musyawarah nasional Golkar. Ia juga tidak ingin berkomentar kemungkinannya terpilih sebagai ketua umum Partai Golkar.

“Wallahu a'lam bishawab (Allah yang Maha Mengetahui),” ujarnya.

Golkar akan menggelar Musyawarah Nasional atau Munas dan Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas pada 20 Agustus 2024.

Saat ini Golkar sudah menunjuk Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Plt Ketua Umum, menggantikan Airlangga Hartarto yang mundur minggu lalu. Usai pelantikan menteri baru, Agus Gumiwang dan Bahlil bercanda dengan memberikan salam saling hormat dan memberi salam komando sambil tersenyum.

Setelah itu AGK berseloroh menujuk dirinya sebagai Plt. Ketua Umum atau Ketum Golkar yang kemudian menujuk Bahlil sebagai Ketum selanjutnya. "Plt. Ketua Umum. Ketua Umum," ujar AGK sembari menunjuk Bahlil. Sontak ucapan ini membuat tamu dan hadirin dalam ruangan tertawa.

Bahlil menjadi kandidat Ketum Golkar berbarengan dengan reshuffle Menteri Koordinator Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang diganti dengan Supratman Andi Agtas.

Muncul rumor, pergantian Menteri Hukum dan HAM berkaitan dengan upaya Jokowi mengamankan suksesi kepengurusan Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar. Namun, Supratman menepis hal itu.

“Sekarang baru ribut-ribut, karena memang baru musimnya partai politik lagi Munas, Kongres, Muktamar, dan ini kebetulan saja. Jadi bersamaan dengan itu, tidak ada arahan khusus dari presiden terkait hal itu,” kata Supratman.

Berikut daftar menteri dan wakil menteri yang dilantik hari ini:

  • Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Atgas menggantikan Yasonna Laoly
  • Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menggantikan Arifin Tasrif
  • Kepala BKPM/Menteri Investasi Rosan P. Roeslani menggantikan Bahlil Lahadalia
  • Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Angga Raka Prabowo

    Kemudian, tiga orang kepala badan terbaru yang dilantik Jokowi antara lain:
  • Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana
  • Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi
  • Kepala BPOM Taruna Ikrar.

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...