RK - Suswono Borong Tiket 10 Partai di DPRD Jakarta, Kans PDIP dan Anies Kandas

Ade Rosman
19 Agustus 2024, 17:00
Deklarasi Ridwan Kamil - Suswono di Pilkada Jakarta, Senin (19/8)
Katadata/Ade Rosman
Deklarasi Ridwan Kamil - Suswono di Pilkada Jakarta, Senin (19/8)
Button AI Summarize

Sebanyak 12 partai politik mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Ridwan Kamil - Suswono di pemilihan gubernur Jakarta. Deklarasi dukungan untuk RK-Suswono itu digelar di the Sultan Hotel Jakarta, Senin (19/8). 

Deklarasi dihadiri langsung oleh calon wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka. Gibran tiba di Hotel Sultan Jakarta dengan menggunakan kemeja biru muda, kemudian menuju deretan kursi bagian depan. 

Dari 12 partai yang mendukung Ridwan Kamil - Suswono sebanyak 10 partai merupakan pemilik kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta. Mereka adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan. Dua partai yang tidak memiliki kursi di DPRD adalah Partai Garuda, Partai Gelora, 

Ridwan Kamil merupakan mantan Gubernur Jawa Barat. Sedangkan Suswono merupakan mantan Menteri Pertanian. Piagam deklarasi dibacakan dan ditandatangani oleh pimpinan partai politik. 

“Dengan mengharap rahmat Allah SWT, Tuhan YME, Pada hari ini senin 19 agustus 2024 kami parpol yang tergabung dalam koalisi jakarta baru untuk jakarta maju menyatakan mengusung Haji Muhamad Ridwan Kamil sebagai cagub dan dr Suswono sebagai cawagub,” ujar para pimpinan partai. 

Deklarasi dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus, Sekretaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid, dan Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat Hermawi Taslim. Selain itu juga ada Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu hadir bersama Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi. Kemudian juga ada Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arwani Thomafi. Kemudian, Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka, Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq, Wakil ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah, serta Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi dan  Wakil ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah. 

Dengan deklarasi ini, pasangan Ridwan Kamil - Suswono mengantongi 91 kursi di DPRD. Sementara syarat untuk maju menjadi calon gubernur dan wakil gubernur hanya minimal 22 kursi. 

Koalisi gemuk di Pilkada Jakarta sekaligus menutup peluang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mengusung calon. Di Pilkada Jakarta PDIP hanya memiliki 15 kursi sehingga butuh 7 kursi tambahan. Saat tidak ada lagi kursi DPRD yang bisa mereka ajak berkoalisi. 

Seiring dengan tertutupnya peluang PDIP, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga tak lagi berpeluang maju di Jakarta. Ia sebelumnya sempat mendapat dukungan dari PKS, PKB, dan Nasdem yang kini telah resmi mendukung RK- Suswono. 

Berikut perolehan kursi DPRD Jakarta berdasarkan hasil Pemilu 2024:

  1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB): 470.682 suara (10 kursi)
  2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra): 728.297 suara (14 kursi)
  3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP): 850.174 suara (15 kursi)
  4. Partai Golongan Karya (Golkar): 517.819 suara (10 kursi)
  5. Partai NasDem: 545.235 suara (11 kursi)
  6. Partai Keadilan Sejahtera (PKS): 1.012.028 suara (18 kursi)
  7. Partai Amanat Nasional (PAN): 455.906 suara (10 kursi)
  8. Partai Demokrat: 444.314 suara (8 kursi)
  9. Partai Solidaritas Indonesia (PSI): 465.936 suara (8 kursi) 
  10. Partai Perindo: 160.203 suara (1 kursi)
  11. Partai Persatuan Pembangunan (PPP): 153.240 suara suara (1 kursi).


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...