Mencermati Titik Rawan Macet Demo Tolak RUU Hari Ini

Anggi Mardiana
22 Agustus 2024, 10:48
Titik Rawan Macet Demo Tolak RUU Hari Ini
Data Indonesia
Ilustrasi, demo.
Button AI Summarize

Hindari titik rawan macet demo tolak RUU hari ini yang diikuti oleh mahasiswa, buruh dan masyarakat sipil. Aksi ini merupakan bentuk penolakan terhadap pengesahaan revisi UU Pilkada di Jakarta, Kamis (22/8).

Beberapa titik rawan macet perlu diketahui oleh para pengendara yang beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya. Aksi demo penolakan revisi UU Pilkada merupakan bagian dari gerakan “Peringatan Darurat” yang viral di media sosial. Sejumlah elemen masyarakat akan turun ke jalan, karena DPR dianggap mengabaikan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Titik Rawan Macet Demo Tolak RUU PIlkada Hari Ini

Aksi demo akan dilakukan di dua lokasi yaitu Mahkamah Konstitusi dan DPR pada pukul 09.00 WIB s/d selesai. Dengan begitu, masyarakat dapat menghindari dua kawasan ini, karena menjadi titik kemacetan demo buruh dan mahasiswa.

Melansir akun Instagram TMC Polda Metro Jaya, titik rawan macet demo tolak RUU hari ini di Gedung DPR, JalanJenderal Gatot Subroto, Jakarta. Aksi demo dilakukan di Gedung DPR senayan, mulai pukul 09.00 WIB. Masyarakat dihimbau untuk menghindari arus lalu lintas di sekitaran gedung DPR dan Mahkamah Konstitusi.

Jalan Alternatif untuk Menghindari Titik Rawan Macet Demo Tolak RUU Hari Ini

Pemprov DKI Jakarta upayakan warga gunakan transportasi publik
Jalan Alternatif Hindari Titik Rawan Macet Demo Hari ini (ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.)

Untuk menghindari jalan yang berpotensi menjadi titik rawan macet demo tolak RUU hari ini, sebagai respon dari gerakan “Peringatan Darurat”, ada tiga jalan alternatif yang bisa dilewati untuk menghindari kemacetan. Berikut titik rawan macet demo hari ini:

1. Arah Barat

Bagi pengendara yang berasal dari arah barat seperti Kebon Jeruk, Palmerah dan Tangerang, sebaiknya menghindari jalan Gatot Subroto dan Jalan Jenderal Sudirman yang kerap menjadi jalur utama para demonstran. Pengendara bisa memilih rute melalui jalan arteri Pondok Indah menuju Jalan Metro Pondok Indah, lalu mengambil Jalan Senayan menuju arah selatan.

2. Arah Timur

Pengendara yang berasal dari arah timur, seperti Tebet, Cawang atau Manggarai disarankan tidak melalui Jalan Gatot Subroto dan Jalan Rasuna Said yang diprediksi bisa penuh oleh kerumunan. Sebagai alternatif, bisa pilih Jalan MT Haryono lalu belok ke Jalan Saharjo menuju Pancoran dan dilanjutkan ke arah Jalan Ampera Raya.

3. Arah Utara

Untuk pengendara dari arah utara seperti Ancol, Kemayoran atau Sunter, sebaiknya hindari Jalan Gatot Subroto dan Jalan Asia Afrika yang kemungkinan besar jadi sasaran aksi demo. Sebagai alternatif, silakan gunakan Jalan Gunung Sahari menuju Jalan Mangga Dua, lalu ke Jalan Gunung Sahari dan ambil Jalan S. Parman menuju Slipi untuk menghindari kerumunan dan kemacetan.

Titik rawan macet demo tolak RUU hari ini penting diketahui oleh para pengendara yang beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya. Dengan menggunakan rute alternatif, diharapkan bisa menghindari kemacetan dan kerumunan yang mengganggu perjalan para pengendara.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...