Menilik Daftar Artis Ikut Demo di DPR, Ada Kunto Aji hingga Okky Madasari

Destiara Anggita Putri
22 Agustus 2024, 11:34
Daftar Artis Ikut Demo di DPR
Instagram
Ilustrasi, cuplikan siaran "Peringatan Darurat" yang menghiasi media sosial dalam rangka menolak Rapat Paripurna DPR yang akan membahas revisi UU Pilkada.
Button AI Summarize

Pada hari ini, Kamis (22/08), sejumlah elemen masyarakat mulai dari buruh, mahasiswa, hingga masyarakat akan melakukan aksi demonstrasi besar-besaran yang dimulai di titik Gedung DPR Senayan pada pukul 09.00 WIB.

Adapun tujuan dari aksi ini  yaitu untuk mendesak DPR tidak menentang Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60 tentang Pilkada 2024.

Tidak hanya masyarakat, sejumlah artis mulai dari musisi, komedian, hingga penulis dikabarkan akan turun berpartisipasi pada demo hari ini untuk meminta DPR RI tidak melawan dan mengubah Keputusan MK No. 60/PUU-XXII/2024.

Lantas, siapa daftar artis ikut demo di dpr? Berikut di bawah ini informasinya.

Daftar Artis Ikut Demo di DPR

Dikutip dari CNBC Indonesia, ada sejumlah artis yang ikut demo hari ini di depan Gedung DPR Senayan. Beberapa di antara artis tersebut adalah musisi Ananda Badudu, Kunto Aji, komedian Abdur Arsyad, hingga penulis Okky Madasari.

Kunto Aji sendiri bahkan berniat untuk tetap turun ke jalan meskipun harus menggelar konser tur pada malam harinya

"Mana besok malam konser tour Jakarta. Kalau sempat, gue bakal tetap ikutan turun sih," tweet Kunto Aji.

Komedian Abdur Arsyad juga turut menyuarakan niatnya untuk ikut demo hari ini melalui tweet berikut,

"Hidup terus orang-orang yang senantiasa berikhtiar pada kebaikan. Istirahat yang cukup. Simpan energi. Sampai jumpa besok di DPR RI," tulis Abdur Arsyad pada Rabu (21/8).

Sedangkan, Okky Madasari menyuarakan hal serupa melalui puisi yang diunggah ke media sosialnya.

"Peringatan Darurat. Buk, negara kita darurat/ dipimpin penjahat/ yang terbahak-bahak/ melihat aturan diacak-acak/ dikuasai pengkhianat/ yang tetap tidur nyenyak/ saat rakyat berteriak-teriak," bunyi puisi Okky Madasari yang menyertai unggahan Peringatan Darurat itu.

"Buk, aku pamit/ turun ke jalan/ sampai menang."

Selain daftar artis tersebut, para publik figure lainnya yang juga ikut demo hari ini yatu Abdel Akhrian atau yang dikenal sebagai Cing Abdel, Youtuber Jovial Da Lopez, Komika Arie Kriting, Bintang Emon, Yuda Keling, Rigen hingga Ebel Kobra.

Sebelum demo hari ini, ada banyak artis,  mulai dari aktor, sutradara, komedian, hingga musisi yang telah mengunggah secreenshot siaran "Peringatan Darurat" berlatar biru di media sosial masing-masing setelah Badan Legislasi (Baleg) DPR diduga sedang ngebut mengakali aturan Pilkada 2024 menyusul keputusan MK.

Komedian Arie Kriting, Pandji Pragiwaksono, hingga musisi Fiersa Besari, menyuarakan keresahan mereka dengan situasi perpolitikan mereka sambil mengunggah foto "Peringatan Darurat".

Sementara itu, Baskara Putra alias Hindia, sutradara Joko Anwar, hingga aktor Fedi Nuril, Joshua Suherman, dan Andhika Praatama sama-sama mengunggah screenshot "Peringatan Darurat".

"Merdeka! Hidup lah Indonesia Raya," cuit Arie Kriting dengan menaruh emotikon bendera Merah Putih Indonesia pada Rabu (21/8).

"Diacak-acak terang-terangan," tulis Fiersa Besari.

"Yang bilang 'Eh kenapa lo ikut2an? Itu kan pilihan elo' mending tutup mulut. Kita butuh sebanyak2nya pasukan. Orang mau merapatkan barisan kok malah didorong menjauh? Mau menangin Bangsa atau mau menangin ego?" cuit Pandji.

Bahkan Aktor Kristo Immanuel yang dulunya mengaku dulu peduli dengan situasi politik, kini tidak segan untuk menunjukkan solidaritas dengan mengunggah "Peringatan Darurat" dan memakai tagar #KawalPutusanMK.

"Satu orang yang biasanya ga ngikutin politik, ga peduli politik, Gw. Terimakasih teman-teman yang sudah ngepost. Gw jadi sadar pentingnya kita mengerti dan bersuara soal ini. Gw yakin banyak yang seperti gw. Yang ga ngerti, ajak ngerti. Ini perang kita sama-sama #KawalPutusanMK," cuitnya.

Itulah rangkuman informasi mengenai daftar artis ikut demo di DPR beserta informasi lainnya yang penting diketahui.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...